Jeruk Siam yang tumbuh subur ditengah musim kemarau panjang di Buton.
Sumber :
  • Jamil Azali

Berkah Musim Kemarau, Petani Jeruk Siam di Buton Meraup Untung Hingga Ratusan Juta

Rabu, 11 Oktober 2023 - 08:41 WIB

Buton, tvOnenews.com - Di tengah bencana kekeringan yang melanda di hampir seluruh wilayah di indonesia, petani jeruk siam di Desa Lasembangi, Kecamatan Lasalimu, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, justru meraup keuntungan hingga ratusan juta rupiah. Bagaiman tidak, panen jeruk tahun ini meningkat hingga 60 persen.

Sudah dua bulan ini puluhan petani jeruk siam di desa lasembangi, mulai memanen jeruk. Panen kali ini tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, dimana masa panen tahun ini durasinya lebih panjang jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang hanya berlangsung paling lama dua pekan masa panen. Bahkan hingga kini masa panen yang sudah berlangsung selama dua bulan belum juga berakhir.

Dalam masa panen dua bulan ini saja, setiap petani jeruk sudah menghasilkan 10 hingga 16 ton jeruk tergantung dari luas kebun dan jumlah tanaman jeruknya, para petanipun dapat meraup untung  hingga ratusan juta rupiah dari hasil penjualan jeruknya.

Seperti yang diungkapkan Sigit Handoyo, salah satu petani jeruk siam di Desa Lasembangi, sejak mulai menjadi petani jeruk siam 10 tahun lalu, baru panen tahun ini yang menurutnya sangat menguntungkan, hasil panen mengalami peningkatan hingga lebih dari 60 persen.

"Saya sudah 10 tahun jadi petani jeruk siam, namun baru tahun ini hasil panennya sangat meningkat, boleh dibilang lebih 60 persen, hasil panen saya kemarin itu yang tercatat 16 ton itu saya dapat Rp 180 Juta Rupiah, itu  hanya dari hasil panen yang sudah ada pemesannya, belum dari pembeli yang datang langsung ke kebun itu lumayan banyak juga, " ungkap Sigit, saat ditemui di lahan jeruknya di Desa Lasembangi, Senin (9/10/2023).

Kata Sigit, ada beberapa faktor yang menjadi penyebab meningkatnya hasil panen tahun ini. Selain karena dampak dari musim kemarau, salah satunya juga dengan melakukan inovasi dalam proses pemupukan, sehingga meskipun di musim kemarau, tanaman jeruk tetap tumbuh subur.

Petani Jeruk Siam di Buton Meraup Untung Hingga Ratusan Juta ditengah musim kemarau panjang.
"Jadi dosis pupuknya kita tambah sehingga mempengaruhi daya tahan tanaman jeruk, selain itu juga yang terpenting kita sebagai petani ini harus lebih aktif, lebih ulet lagi agar mendapatkan hasil yang memuaskan, " terangnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:04
01:52
00:44
03:48
01:02
01:32
Viral