Apdesi se-Sulsel bersama dengan mahasiswa dan pemuda berunjuk rasa protes Penjabat (PJ) Gubernur Sulawesi Selatan saat ini.
Sumber :
  • Muhammad Noer

Dianggap Ciptakan Kekacauan karena Program Budidaya Pisang, Ratusan Kades Desak Copot PJ Gubernur Sulsel

Selasa, 17 Oktober 2023 - 14:29 WIB

Makassar, tvOnenews.com - Ratusan Anggota Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) se-Sulawesi Selatan bersama dengan mahasiswa dan pemuda dari berbagai organisasi tergabung dalam Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Sulsel Bersatu berunjuk rasa protes Penjabat (PJ) Gubernur Sulawesi Selatan saat ini.

"Aksi ini dipicu oleh surat edaran Pj Gubernur Sulsel Bahtiar kepada seluruh kepala daerah mengenai pengalokasian 40 persen anggaran dana desa untuk program budidaya pisang dalam pemanfaatan lahan tidur seluas sekitar 2 juta hektar, dengan target 500 ribu hektar di seluruh desa di Sulsel," ujar Ketua Apdesi Sulsel, Sri Rahayu Usmi, Senin (16/10/2023).

Massa mendesak Presiden RI untuk mencopot Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin karena dianggap telah menciptakan kekacauan dengan memperkenalkan program tanpa didahului oleh kajian dan penelitian akademis.

Dalam orasinya, mereka menekankan perlunya Pj Gubernur Sulsel mencabut surat edaran dan surat imbauan mengenai alokasi dana 40 persen untuk program penanaman pisang.

"Pj Gubernur Sulsel kurang memperhatikan potensi desa-desa di Sulsel, dan kepala desa tidak membutuhkan pisang tetapi infrastruktur, pengembangan desa pariwisata, dan dukungan UMKM," ungkapnya

Massa aksi dari Apdesi membentangkan spanduk bertuliskan tuntutan mereka saat melakukan demonstrasi, Senin (16/10/2023).

Beberapa Kepala Desa juga menekankan kepada anggota DPRD Sulsel untuk memperhatikan kewenangan desa sesuai aturan pemerintah pusat.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral