Warga Desa Lowu-Lowu terpaksa menyeberangi lautan menggunakan perahu menuju sumber mata air di tepi pantai Desa Tanjung, Kabupaten Muna, untuk mendapatkan air bersih.
Sumber :
  • Jamil Azali

Bertaruh Nyawa, Warga di Buton Tengah Seberangi Lautan Untuk Dapatkan Air Bersih

Selasa, 17 Oktober 2023 - 14:42 WIB

Buton Tengah, tvOnenews.com - Puluhan tahun kesulitan air bersih, warga Desa Lowu-Lowu, Kecamatan Gu, Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara, terpaksa menyeberangi lautan menggunakan perahu menuju sumber mata air di tepi pantai Desa Tanjung, Kabupaten Muna, untuk mendapatkan air bersih. Aktifitas ini dilakukan setiap hari dengan waktu tempuh hingga dua jam.

Setiap pagi di pesisir pantai Desa Lowu-lowu selalu ramai dengan aktifitas warga yang bersiap untuk mengambil air bersih di pulau seberang di Desa Tanjung dengan menyeberangi lautan.

Ibu-ibu di Desa Lowu-lowu setiap paginya beramai-ramai menentang galon dan jerigen untuk mendapatkan air bersih di pulang seberang, Senin (16/10/2023).

Menurut Kepala Desa Lowu-lowu, Karim Wendo, aktifitas warga ini sudah dilakukan sejak puluhan tahun silam dikarenakan tidak adanya satupun sumber air. Meskipun layanan air bersih dari PDAM Buton pernah masuk ke Desa Lowu-Lowu di tahun 2012, namun hanya bertahan selama 5 tahun tepatnya pada tahun 2017 lalu layanan air bersih mulai macet. Wargapun kerap melakukan aksi protes terkait buruknya layanan air bersih dari PDAM tersebut.

"Kami sudah sering melakukan aksi protes tapi tidak ada kejelasan dari PDAM, memang mereka perbaiki pipanya tapi paling hanya satu minggu macet lagi, pernah juga sampe satu bulan tapi sudah macet lagi, begitu terus, " tutur Karim, saat dihubungi, Senin (16/10/2023).

Karim juga mengungkapkan, pemerintah Kabupaten Buton Tengah pernah membangun fasilitas air bersih pada tahun 2019, namun air yang didapatkan rasanya payau dengan rasa asin lebih dominan sehingga tidak dapat digunakan untuk keperluan memasak dan minum.

"Pernah ada program pansimas dari pemerintah tahun 2019, tapi rasa airnya lebih terasa asinnya, dipakai untuk mencuci saja dengan sabun tapi tidak berbusa, " ungkapnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral