Penandatanganan Deklarasi Campus Zero Tuberculosis (TBC) oleh Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, H. M. Ishaq Iskandar..
Sumber :
  • tim tvone

Tekan Stigma Buruk Terhadap Penyintas TBC, BCF Lakukan Edukasi dan Skrining ke Ratusan Mahasiswa

Selasa, 31 Oktober 2023 - 12:57 WIB

Makassar, tvOnenews.com - Sambut Hari Kesehatan Nasional 2023, Bakries Center Foundation (BCF) berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan dan Dinas Kesehatan Kota Makassar selenggarakan edukasi dan skrining Tuberculosis (TBC) pada 300 mahasiswa di STIK Tamalatea Makassar, Selasa (31/10/2023).

"Hari ini kita mengadakan edukasi, karena kita mendengar dari Menkes Indonesia, edukasi dan promosi kesehatan sangat penting untuk TBC karena masih kurang di masyarakat sehingga stigma masih dirasakan oleh penyintas TBC," ucap perwakilan BCF, Waode Risky.

Risky mengungkapkan jika tahun ini program kolaborasi nasional akan berjalan di tahun ini kita akan berjalan di enam provinsi, seperti Lampung, Sumut, Jawa Barat, Jawa Tenganh, Jawa timur, dan Sulsel. 

"Kami harap ini bisa menjadi corong advokasi kami kepada Pemda untuk lebih giat mengimplementasikan Perda soal penanggulangan TBC di daerah masing-masing," jelasnya.

Risky mengatakan skrining TBC dilakukan oleh Yamali TB dan juga para kadernya, setelah itu dilakukan sesi edukasi yang fun bagi mahasiswa, agar peserta dapat mengenal TBC dengan cara menyenangkan. 

Lanjut Risky, edukasi yang kurang menyebabkan mitos yang berkembang itu tidak bisa ditekan, hingga stigma dan juga diskriminasi itu masih ada pada penyintas TBC.

"Padahal faktanya adalah TB bisa sembuh dengan pengobatan yang tepat, tidak perlu dijauhi dan bahkan mereka tetap bisa berkarya dilingkungan masing-masing," tuturnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:26
01:05
02:10
02:17
01:21
01:11
Viral