Wisatawan berkunjung ke obyek wisata Sarkofagus Ai Renung, Desa Batu Tering, Sumbawa, NTB. .
Sumber :
  • Irwansyah

Menelusuri Keindahan Destinasi Sarkofagus dan Gua Purbakala di Sumbawa

Senin, 6 November 2023 - 20:44 WIB

Sumbawa, tvOnenews.com - Sumbawa selama ini dikenal dengan pesona wisata lautnya yang memukau. Namun, selain keindahan bahari, Sumbawa juga memiliki destinasi wisata budaya bersejarah yang tak kalah menarik, yaitu Sarkofagus.

Sarkofagus adalah situs purbakala berusia ribuan tahun yang diyakini sebagai perkampungan dan pemakaman kuno di Sumbawa. Lokasi ini berada di Desa Batu Tering, Kecamatan Moyo Hulu, sekitar 5 kilometer perjalanan menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat ke kawasan perbukitan yang terletak di kawasan Ai Renung, Desa Batu Tering.

Perjalanan ke Sarkofagus tidaklah mudah, dengan jalan berbatu dan tanjakan terjal. Namun, rasa lelah pengunjung akan terbayar setelah tiba di lokasi. Di sini, wisatawan dapat melihat langsung sarkofagus atau kubur batu yang dihiasi dengan ukiran di bagian dindingnya.

Wisatawan berkunjung ke obyek wisata Sarkofagus Ai Renung, Desa Batu Tering, Sumbawa, NTB.

Bagian dinding batu sarkofagus memiliki ukiran seperti biawak, kepala, dan relief manusia, menjadikan lokasi ini sebagai tempat berfoto yang menarik bagi para pengunjung. 

"Terdapat lima lokasi kubur batu di kawasan Ai Renung Batu Tering, semuanya dapat dijangkau dengan berjalan kaki dari satu situs ke situs lainnya," kata Budayawan Sumbawa, Aries Zulkarnaen, Senin (06/11/2023).

Di situs ke-5, yang dinamakan Situs Pamanto oleh juru pelihara, pengunjung dapat melihat jejeran bukit, hamparan sawah, desa-desa di Moyo Hulu, serta bendungan batu Bulan.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
01:54
01:18
02:35
02:56
03:32
Viral