Damtor menjadi garda terdepan dalam mencegah kebakaran membesar di Kota Makassar,.
Sumber :
  • Wawan Setyawan

Damtor Atasi Kebakaran di Gang Sempit di Makassar

Rabu, 8 November 2023 - 11:27 WIB

Makassar, tvOnenews.com - Motor Pemadam Kebakaran Lorong (Damtor) menjadi garda terdepan dalam mencegah kebakaran membesar di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Puluhan damtor ini akan di siagakan di tiap kelurahan mengatasi kebakaran di gang sempit.

"Begitu ada kejadian di kelurahan, langsung ditangani oleh damtor tapi tetap juga kita menyusul untuk mendata bahwa kejadian ini ditangani langsung oleh relawan yang ada di kelurahan dengan menggunakan damtor, termasuk program pekarong," ujar Hasanuddin, Kadis Damkar Makassar, Jumat (4/11/2023).

Selain Damtor, disediakan pula Apar dimana Damtor akan bersiaga di masing-masing titik yang tersebar di setiap kelurahan. Bila ada laporan kebakaran, damtor dapat lebih dulu dioperasikan menuju lokasi kebakaran terdekat.

Kadis Damkar Makasar menjelaskan, Damtor ini sebagai bentuk penanganan awal sambil warga tetap menghubungi layanan darurat 112. Dengan penanganan lebih cepat ini dapat mencegah titik api menjadi lebih besar. 

Dua buat Damtor yang dipamerkan Dinas Pemadam Kebakaran saat HUT Makassar ke 416 di Center Point of Indonesia.

"Bilamana terjadi kebakaran, silakan warga langsung datang ke kontainer untuk menyampaikan bahwa terjadi kebakaran. Nanti informasinya dilanjutkan ke 112 melalui kontainer," jelasnya.

Ukurannya lebih kecil dari mobil pemadam ini, menjadi keunggulan tersendiri, seperti lebih cepat menjangkau tempat kebakaran, hingga masuk ke dalam lorong atau gang sempit yang tidak dapat di jangkau oleh mobil.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral