Polisi tahan pelaku kerusuhan Bitung yang telan korban jiwa.
Sumber :
  • Idham Natsir

Polisi Tahan 7 Pelaku Bentrok di Bitung

Senin, 27 November 2023 - 14:42 WIB

Bitung, tvOnenews.com - Polda Sulawesi Utara (Sulut) menetapkan dan menahan tujuh orang tersangka dalam kasus bentrok di Bitung, pada Sabtu (25/11/2023) lalu. Ketujuh orang tersebut berasal dari dua ormas yang terlibat dalam bentrok.

“Kami sampaikan kepada seluruh masyarakat, khususnya yang ada di Kota Bitung dan umumnya masyarakat Sulut serta seluruh masyarakat Indonesia, sampai dengan malam ini situasi dan kondisi di wilayah Kota Bitung aman dan terkendali,” ujar Kapolda Sulut Irjen. Pol. Setyo Budiyanto, Minggu (26/11/2023).

Menurut Kapolda, pihaknya telah bekerja sama dengan para tokoh agama, masyarakat, dan sejumlah komunitas untuk menyelesaikan perkara tersebut. 

“Namun demikian pelaksanaan penugasan, khususnya anggota dari Polres Bitung yang kemudian di-'backup' (dukung) dari Kodim Bitung serta melibatkan anggota Polda Sulut sampai dengan malam ini dan hari-hari selanjutnya tentu masih akan melaksanakan kegiatan penugasan pengamanan, dan utamanya kegiatan patroli, termasuk kegiatan-kegiatan yang sifatnya statis di jalan atau di tempat-tempat yang diperlukan pengamanan, ini menjadi prioritas kami semua,” jelasnya.

Ditambahkan Dirreskrimum Polda Sulut Kombes. Pol. Gani Siahaan, tujuh orang tersangka yang ditahan, lima orang di antaranya berinisial FS, GL, BL, AQ, dan LA. Mereka terlibat dalam kejadian di TKP jalan Sudirman dengan korban dari ormas adat.

Selain itu petugas juga mengamankan barang bukti berupa lima senjata tajam jenis perang, pedang samurai, badik, anak panah serta bambu dan balok yang digunakan para pelaku saat bentrok berlangsung.

“Dari ketujuh tersangka ini ada satu orang yang merupakan anak di bawah umur,” ungkapnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral