Ribuan Data Kendaraan Mobil Dan Motor Terhapus Dari Samsat.
Sumber :
  • Muhammad Noer

Jutaan Data Kendaraan Mobil Dan Motor akan Dihapus Samsat

Jumat, 1 Desember 2023 - 12:44 WIB

Makassar, tvOnenews.com - Dari hasil kolaborasi Tim Pembina Samsat yang terdiri dari Ditlantas Polda Sulsel, Bapenda dan Jasa Raharja Cabang Sulsel, menemukan ada 1.046.700 kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat yang dianggap registrasi dan identifikasi serta pajak kendaraannya tidak aktif lagi, Jumat (1/12/2023).

"Potensi penghapusan data kendaraan tersebut dikarenakan tidak menyelesaikan pembayaran pajak setelah lima tahun masa aktif STNK ditambah dua tahun berturut turut tak bayar pajak," ujar Kasubdit Regident Ditlantas Polda Sulsel, AKBP Restu Wijayanto.

Restu Wijayanto menjelaskan, jumlah data kendaraan tersebut berpotensi dihapus dari data atau sistem di kantor Samsat.

Menurutnya, seluruh data kendaraan yang rencananya akan segera dihapus tersebut, mulai Tahun 1990 hingga tahun 2019.

"Dasar penghapusan data kendaraan karena dua faktor. Yakni karena permintaan pemilik kendaraan karena kendaraan rusak berat lalu tak bisa digunakan lagi dan faktor masa STNK sudah habis ditambah dua tahun tak melakukan proses registrasi," ungkap Restu

Sebab itu, ia mengajak seluruh pemilik kendaraan bermotor yang belum menyelesaikan kewajiban pajak dan registrasi kendaraan segera melakukan proses penyelesaian di Kantor Samsat terdekat. (mnr/frd)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:41
04:03
02:45
02:06
03:18
01:35
Viral