Seorang siswa SD di Mamuju harus berjuang menjadi penjual langsat keliling untuk membiayai sekolahnya..
Sumber :
  • Gusni Kardi

Tak Kenal Menyerah Siswa SD Jual Langsat Keliling Untuk Biayai Sekolah

Selasa, 5 Desember 2023 - 16:59 WIB

Mamuju, tvOnenews.com - Semangat menempuh pendidikan ditengah keterbatasan diperlihatkan oleh salah satu siswa Sekolah Dasar di Mamuju, Sulawesi Barat. Sejak masuk sekolah hingga naik kelas 5, Sakila terpaksa menjadi pedang langsat keliling untuk membiayai sekolahnya. 

"Saya sudah menjadi pedagang langsat keliling sejak awal masuk sekolah di tempat saya belajar sekarang," ujar Sakila, Selasa (5/12/2023) saat lagi menjajakan langsat yang dijualnya. 

Sakila menceritakan kisah hidupnya selama menjadi pedagang langsat keliling. Biasanya sakila pergi menjajakan langsatnya setelah pulang dari sekolah. Dia baru selesai menjual langsat keliling setelah keliling kota selama 3 jam. 

"Saya pergi menjual langsat keliling kota setelah pulang dari sekolah. Baju sekolah yang saya pakai saya juga pakai untuk pergi menjual langsat keliling. Akibatnya baju sekolah saya lusuh karena hampir setiap hari digunakan untuk menjajakan langsat keliling kota," kata Sakila 

Dengan menggunakan tongkat kayu yang dipanggulnya, Sakila, dengan semangat untuk mendapatkan biaya sekolah menjajakan langsatnya yang sudah terbungkus dalam kantong plastik menyusuri tiap jalan di sisi kota. Hanya lima ribu rupiah harga yang Sakila tetapkan untuk tiap satu kantong langsatnya. 

Uang yang bisa dapatkan oleh Sakila, selama menjadi pedagang langsat keliling, hanya berkisaran 100 ribu rupiah, jika beruntung Sakila bisa mendapatkan uang hasil jualan hingga 150 ribu rupiah per hari. 

Uang hasil penjualan langsat yang berhasil didapatkan selama menjual langsat keliling digunakannnya untuk membiayai kebutuhan sekolahnya, itu juga sudah termasuk dengan uang jajan sehari-hari. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
10:35
15:44
01:26
01:56
06:26
Viral