Risman Arung Bratawijaya menciptakan karya aplikasi kepengurusan administrasi desa.
Sumber :
  • Muhammad Noer

Warga Asal Selayar Ciptakan Aplikasi Teknodesa untuk Pengurusan Administrasi di Desa

Kamis, 21 Desember 2023 - 16:39 WIB

Makassar, tvOnenews.com - Sebuah karya yang sangat membanggakan. Seorang pemuda asal daerah Selayar, Sulawesi Selatan, Risman Arung Bratawijaya menciptakan karya aplikasi kepengurusan administrasi desa

Aplikasi yang diberi nama Teknodesa tersebut merupakan aplikasi berbasis android, dilengkapi juga dengan sistem informasi dan website, untuk memajukan desa dengan teknologi.Kamis (21/12/2023).

"Artificial Intelligence (AI) Ini merupakan hal baru, dan pertama kali di Indonesia.Fitur yang di sediakan yang dapat membantu digitaisasi di desa dalam hal data dan informasi pelayanan administrasi online, perdagangan online untuk UMKM desa, profil desa berita desa dan surat lainnya," ujar Pencipta dan Pembuat Aplikasi Teknodesa, Risman Arung Bratawijaya.

Risman, mengatakan dengan menggunakan teknologi terkini yaitu face recognition atau deteksi wajah, warga desa hanya memperlihatkan wajahnya di kamera, maka akan otomatis terbaca oleh sistem, tanpa perlu bawa KTP dan lain-lain.

Setelah terbaca oleh sistem, warga desa bisa langsung memilih jenis surat yang akan diurus.

"Aplikasi ini memiliki keunggulan dan keunikan tersendiri. Salah satunya terdapat tiga pilihan bahasa, yakni bahasa Indonesia, Inggris, dan bahasa daerah Selayar," ungkap Risman.

Selanjutnya akan secepatnya diproses oleh admin, kemudian warga akan dipanggil melalui sistem antrian menuju ke box printer, atau ke aparat desa untuk mengambil surat yang sudah jadi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
Viral