Kapal nelayan tersangkut karang dan dihempas ombak tinggi di perairan Baubau berhasil dievakuasi.
Sumber :
  • Jamil Azali

Jangkar Tersangkut Karang, Kapal Berawak 4 Pemancing di Baubau Terjebak Ombak Besar Hingga Nyaris Tenggelam

Minggu, 21 Januari 2024 - 15:14 WIB

Baubau, tvOnenews.com - Sembilan jam terjebak ombak besar akibat jangkar tersangkut karang, sebuah kapal berawak 4 pemancing nyaris tenggelam di perairan Sulaa, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara.

Peristiwa ini berawal saat 4 pria yang hobi memancing ini pergi melaut menggunakan kapal berukuran kecil sejak pukul 8 pada Sabtu (20/1/2024) pagi dan bertolak dari dermaga nelayan di Kelurahan Wameo, Kota Baubau.

Menurut Muhidin, salah seorang pemancing yang juga pemilik kapal, saat itu mereka sedang asik memancing di perairan di Kelurahan Sulaa, Kota Baubau. Namun pada siang harinya, tiba-tiba terjadi ombak besar disertai angin kencang yang datang menerjang kapal. Para pemancing semakin panik saat jangkar kapal tersangkut karang, merekapun terjebak ombak besar hingga kapal berukuran kecil tersebut nyaris tenggelam.

"Tadi itu kami masih memancing dan air laut teduh, tapi pas siangnya tiba-tiba datang ombak besar dengan angin kencang seperti badai, lalu kami mau bergeser ke tempat yang lebih aman tapi jangkar tersangkut hingga hampir terbalik karena besarnya ombak, kami terjebak dari siang sampai tengah malam," terang Muhidin, saat ditemui lokasi evakuasi di dermaga Sulaa.

Setelah terjebak kurang lebih selama 9 jam, merekapun memutuskan untuk memotong tali jangkar agar dapat menghindari terjangan ombak. Kapal tersebut akhirnya berhasil mencapai dermaga yang berjarak 2 km dari lokasi kapal terjebak. Sejumlah petugas dari BPBD, Satpolairud dan Damkar Kota Baubau yang sejak awal menerima laporan pada Sabtu malam pukul 20.00 WITA kemudian membantu evakuasi para awak kapal. 

(jai/asm) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:26
01:05
02:10
02:17
01:21
01:11
Viral