Potongan gambar diduga oknum petugas BKSDA memalak pencari madu hutan di Buton Utara, Sulawesi Tenggara, Selasa (23/1/2024).
Sumber :
  • jamil azali

Viral Video Oknum Petugas BKSDA di Buton Utara Diduga Palak Warga Pencari Madu

Selasa, 23 Januari 2024 - 23:27 WIB

Buton Utara, tvOnenews.com - Sebuah video oknum petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) di Buton Utara, Sulawesi Tenggara, diduga melakukan pemalakan terhadap warga pencari madu yang melintas di jalan kawasan hutan.

Peristiwa ini terjadi di jalan Poros Ronta Maligano, Kecamatan Bonegunu, Kabupaten Buton Utara, Sulawesi Tenggara, pada Rabu (17/1/2024) lalu. Dalam video tersebut terlihat beberapa oknum petugas BKSDA memberhentikan mobil bak terbuka yang mengangkut belasan jerigen madu. Petugas lalu menanyakan asal madu tersebut ke warga pencari madu dengan nada tinggi, sehingga sempat terjadi perdebatan.

Tak lama kemudian oknum petugas BKSDA mengambil 1 jerigan berisi madu, sebelum para oknum petugas BKSDA ini membawa madu tersebut, mereka sempat bersalaman dengan warga pemilik madu.

Pria pemilik madu bernama Herdin, mengakui madu tersebut di ambil dari dalam kawasan hutan konservasi di Kecamatan Bonegunu, namun selama ini semua warga pencari madu tidak punya pilihan lain selain mencari madu di dalam hutan meski tak mengantongi izin resmi.

"Kami diberhentikan sempat juga dicaci maki, memang madu itu kita ambil di dalam kawasan tapi semua warga pencari madu juga ambil di kawasan bukan hanya saya," ungkap Herdin, saat dihubungi, Selasa (23/1/2024).

Herdin menambahkan, tindakan penyitaan madu oleh oknum petugas BKSD bernama Yusri Batu, sudah kedua kalinya, Herdin menceritakan pertama kali oknum tersebut menyita madu miliknya setahun yang lalu, saat itu oknum Yusri mengambil 2 jerigen madu tanpa alasan yang jelas.

"Pertamanya itu dia sita 2 jerigen dia bilang kalian bisa dihukum penjara seumur hidup, waktu mereka sita madu itu mereka tidak bilang alasannya hanya langsung ambil saja," tuturnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral