Presiden RI Joko Widodo resmikan Makassar New Port.
Sumber :
  • Muhammad Noer

Diresmikan Jokowi, Makassar New Port Jadi Pelabuhan Terbesar di Indonesia Timur

Kamis, 22 Februari 2024 - 12:53 WIB

Makassar, tvOnenews.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembangunan Makassar New Port tahap satu di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Pelabuhan ini disebut menjadi pelabuhan terbesar setelah Tanjung Priok di Jakarta. Kamis (22/2/2024).

"Anggaran investasi untuk Makassar New Port ini Rp5,4 triliun sangat besar sekali. Dan secara bertahap ini baru 30 persen bergeser dari  pelabuhan lama ke sini tahap demi tahap nanti akan 100 persen," ucap Presiden RI, Joko Widodo, Kamis ( 22/2/2024).

Makassar new port ini akan memberikan dampak daya saing nanti program program di indonesia bagian timur akan lebih baik lagi dan juga efisiensi biaya logistik juga akan lebih baik lagi  sehingga program program wilayah indonesia timur bisa bersaing dengan wialayah indonesia lainnya atau dengan negara lain.

 

"Saya ingat 10 tahun yang lalu biaya logsitik kita berada di angka 24%. Padahal negara-negara lain 9-12%. Karena apa? Tidak terintegrasinya antara pelabuhan dan kawasan industri, tidak terintegrasinya antara pelabuhan dengan pabrik-pabrik yang berada jauh," ungkap Jokowi.

Namun saat ini, kata Jokowi, biaya logistik di Indonesia sudah turun drastis sebesar 14%. Jokowi mengakui penurunan tersebut masih lebih tinggi dari negara-negara lain.

"Yang paling penting pelabuhan barunya sudah selesai, pemindahannya bisa seminggu, bisa 2 bulan, bertahap yang penting tidak menggangu arus barang keluar dan masuk di Sulawesi," jelasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
01:48
01:38
05:22
04:27
01:33
Viral