Membersihkan makam keluarga menjelang ramadhan.
Sumber :
  • Rifandi Kamaru

Tradisi Ziarah Hingga Bersih Makam Jelang Ramadhan di Kotamobagu

Sabtu, 2 Maret 2024 - 14:46 WIB

Kotamobagu, tvOnenews.com - Memasuki bulan suci Ramadan 1445 Hijriah, warga Kelurahan Kotobangun, Kota Kotamobagu,Sulawesi Utara, mulai berdatangan ditempat pemakaman yang berada tepatnya di lokasi Amakae, Bukit Ilongkow Kelurahan Kotobangun, Sabtu (02/03/2024)

Seperti halnya sudah menjadi tradisi, dimana kedatangan warga di lokasi pemakaman ini, selain untuk membersihkan makam yang ada, juga sekaligus melakukan ziarah kepada makam anggota keluarga mereka yang telah meninggal dunia.

"kegiatan bersih bersih makam seperti ini sudah menjadi tradisi setiap jelang bulan suci ramadhan, dimana warga mulai  berbondong-bondong mendatangi lokasi makam untuk membersihkan makam sekaligus melakukan ziarah kepada makam anggota keluarga mereka yang telah meninggal dunia," ucap Lurah Kotobangun, Gika Engel Ginoga.

Makan bersama setelah membersihkan makan keluarga menjadi tradisi menjelang ramadhan

Gika Engel Ginoga juga menuturkan, bahwa kegiatan ini tidak hanya sekedar bersih bersih-hingga ziarah makam, melainkan ini merupakan kesempatan untuk menyatukan seluruh warga Kelurahan yang sebelumnya sempat terpecah belah akibat beda pilihan saat pemilu 2024 yang baru selesai dilaksanakan.

"Ini merupakan momen penting dimana sebelumnya ada warga yang sempat berseberangan akibat beda pilihan baik saat Pilpres maupun pilcaleg, kini saatnya bisa menyatu kembali apalagi bulan ramadan yang tinggal beberapa hari lagi," tambah Giga Engel Ginoga.

Selain bersih-bersih makam serta melakukan ziarah kepada anggota keluarga yang meninggal dunia, warga juga menggelar makan bersama di lokasi pemakaman, sehingga diharapkan bahwa tradisi ini menjadi moment penting bagi seluruh warga untuk saling bersilaturahim agar tetap fokus dalam beribadah di bulan ramadan nanti. (rku/frd)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:20
02:53
02:49
02:12
02:08
01:01
Viral