Tradisi malona qunua atau malam qunut Ramadhan.
Sumber :
  • Jamil Azali

Tradisi Ramadhan Sejak Abad ke-16, Ritual Malona Qunua di Baubau Digelar Untuk Keselamatan Negeri

Rabu, 27 Maret 2024 - 12:42 WIB

Baubau, tvOnenews com - Sebuah tradisi di pertengahan Bulan Suci Ramadhan yaitu pada malam ke 16, jamaah masjid tua Jila Ul Qulub di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, yang merupakan mesjid peninggalan Sultan Buton ke-7 Sultan La Saparagau, menggelar tradisi ritual Malona Qunua atau malam qunut Ramadhan, Selasa (26/3/2024). Tradisi ini warisan leluhur orang Buton yang sudah dilakukan sejak abad ke-16 Masehi.

Tradisi malona qunua atau malam qunut Ramadhan merupakan tradisi yang sudah dilakukan sejak Kesultanan Buton memeluk agama islam sekitar abad ke-16.

Dalam pelaksanaan tradisi malam qunut tersebut berbeda dengan malam ramadhan lainnya, seluruh perangkat mesjid mengenakan pakaian kebesaran atau pakaian adat Kesultanan Buton untuk melaksanakan tradisi malona qunua yang mengandung filosofi kehidupan beragama.

Menurut imam masjid tua Jila Ul Qulub, La Ode Harmin Khalik, masyarakat Buton meyakini bahwa seseorang yang berpuasa pada hari pertama hingga hari kesepuluh disimbolkan bahwa manusia telah memasuki alam arwah. Kemudian pada hari ke-11 sampai 15 merupakan simbol manusia telah memasuki alam Mitsal dan ketika puasa memasuki malam ke-16 merupakan simbol bahwa manusia telah berada di alam Ajsam.

"Di alam inilah proses kejadian manusia telah berusia 120 hari dalam kandungan seorang ibu sebagai persiapan memasuki alam insan atau manusia yang sempurna, " jelas Harmin.

Tradisi Malona Qunua ini diawali dengan shalat Tarawih kemudian di rakaat terakhir shalat witir diselipkan pembacaan doa qunut, kemudian para perangkat mesjid duduk bersila untuk saling memaafkan bersama para jamaah mesjid.

 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral