Sidak SPBU menjelang lebaran idulfitri.
Sumber :
  • Rifandi Kamaru

Pastikan Kondisi BBM Aman saat Mudik Lebaran 2024, Sidak Dilakukan Disejumlam SPBU

Jumat, 5 April 2024 - 16:45 WIB

Kotamobagu, tvOnenews.com - Sepekan memasuki lebaran Idulfitri, sidak dilakukan di sejumlah tempat pengisian bahan bakar (SPBU) yang ada di wilayah Kotamobagu Sulawesi Utara, Kamis (4/4/2024)

Kasat Reskrim Polres Kotamobagu, Iptu Ahmad Anugrah Ari Pratama mengatakan Inspeksi mendadak ini dilakukan untuk memastikan tidak ada kecurangan saat pengisian bahan bakar minyak di setiap kendaraan, sehingga petugas kepolisian serta dinas perdagangan koperasi dan UKM melalui petugas metereologi juga melakukan tera ulang atau mengukur kembali alat pengisian BBM yang ada dibeberapa SPBU.

"Pengecekan BBM bertujuan untuk memastikan timbangan, takaran, dan meteran yang digunakan sudah sesuai dengan dasar transaksi perdagangan. Hal ini juga dilakukan untuk memastikan tidak ada praktik-praktik kecurangan dan untuk memastikan masyarakat dapat terlayani dengan baik," ujar Iptu Ahmad Anugrah Ari Pratama.

Iptu Ahmad Anugrah Ari Pratama juga menambahkan, kegiatan ini dilakukan tidak lain untuk melihat volume bahan bakar yang di pasarkan melalui nosel SPBU, apakah sesuai dengan jumlah atau tidak,  namun dari hal pemeriksaan dari sejumlah SPBU yang ada belum di temukan adanya kecurangan.

"Sidak ini dilakukan agar bisa memastikan tidak ada kecurangan yang dilakukan oleh pihak SPBU saat pengisian BBM disetiap kendaraan, apalagi jelang idulfitri ini kepadatan kendaraan yang akan melakukan pengisian bahan bakar semakin meningkat," ujar Iptu Ahmad Anugrah Ari Pratama

Selain mengukur takaran pengisian bahan bakar minyak dengan menggunakan alat ukur berupa Bejan, para petugas juga melakukan pengecekan terhadap stok (BBM) yang ada di seluruh SPBU, bahkan hasil pengecekan dimana untuk setiap SPBU terdapat ketersediaan stok 40 ribu liter BBM jenis pertalite setiap hari, dan 8 ribu liter BBM jenis solar yang siap untuk didistribusi. (rku/frd)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral