Ribuan massa gelar unjukrasa di depan Kantor Bupati Konsel tuntut pelantikan kades terpilih.
Sumber :
  • Erdika Mukdir

Ribuan Warga Demo di Kantor Bupati Konsel, Buntut Penundaan Pelantikan 96 Kades

Sabtu, 4 Mei 2024 - 11:59 WIB

Konawe Selatan, tvOnenews.com - Ribuan warga menggelar aksi demonstrasi di Kantor Bupati Konawe Selatan (Konsel), Jumat (3/5/2024), pagi. Mereka menuntut agar 96 kepala desa (Kades) terpilih segera dilantik

Diketahui, Pilkades Konsel digelar serentak pada 24 September 2023 lalu. Jadwal pelantikannya diagendakan pada 30 April 2024 namun proses pelantikan ditunda oleh Bupati Konsel, Surunuddin dengan alasan adanya Surat Kemendagri terkait penundaan pelantikan calon Kades terpilih. 

Kades dan ribuan simpatisan yang tak terima pun meluapkan kekecewaan dengan cara menggelar aksi unjuk rasa depan Kantor Bupati Konsel. Mereka mendesak Bupati Surunuddin agar memperjuangkan hak-hak Kades terpilih dan segera melakukan pelantikan. 

Dari pantauan di lokasi, ribuan massa iring-iringan mendatangi Kantor Bupati Konsel. Selain melakukan orasi, mereka juga membawa baleho berisi desakan pelantikan kades terpilih di Konsel. 

"Ini adalah tanggungjawab pak Bupati Konsel segera lantik 96 Kades terpilih sesuai jadwal yang telah ditentukan," ujar salah satu pendemo, Sulwan dalam orasinya.

Dengan adanya penundaan pelantikan itu, massa pun menduga terdapat rekayasa dan kepentingan politik hingga mengorbankan kepala desa terpilih.

"Kami duga ini ada tendensi rekayasa yang sangat tinggi dan telah dipolitisisasi," pungkasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:04
01:52
00:44
03:48
01:02
01:32
Viral