sebuah truk terguling di jalur trans Sulawesi Kabupaten Enrekang picu kemacetan panjang.
Sumber :
  • joni tonapa

Mobil Truk Terbalik di Lokasi Longsor Kulinjang Picu Kemacetan Panjang di Jalur Trans Sulawesi

Minggu, 5 Mei 2024 - 12:37 WIB

Enrekang, tvOnenews.com - Mobil truk pengangkut sembako terbalik dilokasi longsor di Kulinjang, Kelurahan Tuwara, Kabupaten Enrekang, Provinsi Sulawesi Selatan, picu kemacetan panjang dari dua arah.
 
“Jalannya masih lembek Pak, jadi saat mobil saya melintas langsung amblas dan oleng kekiri hingga terbalik, padahal saya jalan pelan sekali dari sana melihat jalannya masih licin," terang Tomy, sopir truk yang hendak menuju Kabupaten Tana Toraja.

Kondisi tanah labil dilokasi longsor yang sempat memutus akses jalur trans sulawesi, tepatnya di Kulinjang kembali menelan korban, dimana sebuah truk pengangkut sembako yang hendak menuju kabupaten tana toraja terbalik karena jalan amblas.

Akibatnya antrian kendaraan dari dua arah, baik yang menuju kabupaten enrekang maupun yang hendak ke tana toraja mengular panjang hingga mencapai 3 kilo meter dilokasi kejadian.

Selain mobil amblas, tanah longsor juga kembali terjadi di bamba dan mengakibatkan satu unit rumah warga rusak akibat tertimpa pohon besar yang meluncur dari arah perbukitan tepat berada di jalur trans sulawesi.

Dari peristiwa tersebut jalur trans Sulawesi yang menghubungkan kabupaten Tana Toraja – kabupaten Enrekang – kabupaten Sidrap - dan kabupaten Pinrang kembali tertutup longsor dan batang pohon. Petugas terpaksa kembali harus ekstra kerja keras untuk membuka akses jalan yang tertutup material longsor.

Sementara Komandan Kodim 1419 Enrekang Letkol Inf. Augustiar Adinegoro selaku Ketua Satgas Bencana Kabupaten Enrekang yang dikonfirmasi menjelaskan, jika hujan deras yang melanda wilayah enrekang masih sangat berpotensi menimbulakn bencana banjir dan tanah longsor.

“Hujan deras yang melanda wilayah enrekang masih sangat berpotensi menimbulkan bencana banjir dan tanah longsor, sehingga warga yang berada di bantaran sungai maupun didaerah perbukitan kami imbau untuk tetap waspada," ujar Letkol Inf. Augustiar Adinegoro Komandan Kodim 1419 Enrekang.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:04
01:52
00:44
03:48
01:02
01:32
Viral