Perwakilan PT PNM klarifikasi video viral penagihan utang nasabah.
Sumber :
  • Muhammad Noer

Tagih Utang Tak Sesuai Prosedur, PT PNM Beri Sanksi Petugas Penagih dan Minta Maaf ke Nasabah

Rabu, 9 Februari 2022 - 11:40 WIB

Makassar, Sulawesi Selatan - Hebohnya berita viral atas pendobrakan pintu yang dilakukan oleh petugas PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Mekaar cabang Pallang, Gowa, Sulawesi Selatan, saat menagih utang pada nasabah yang terlambat membayar kewajibannya sebesar Rp 188.000 membuat manajemen terpaksa turun tangan menjelaskan.

"Itu ada kesalahpahaman  di lapangan petugas dari manajemen cabang dengan nasabah.  Sudah dua kali menyampaikan mohon maaf. Yang dilakukan teman itu sebenarnya tuntutan pekerjaan mereka, namun mereka cacat dan salah, tidak sesuai dengan prosedur yang benar, kami berikan sanksi dan berikan edukasi dengan cara melakukan penagihan kepada nasabah tersebut," ujar Kepala Cabang PNM Makassar Maimun Bakri.

Saat itu juga terlihat kesan dorong mendorong di video viral yang nyatanya pintu itu terbuka bukan dipaksa untuk dibuka, dan tidak ada satu pun kerusakan baik di halaman maupun di dalam rumah hingga pintu kamar nasabah.

"Kami juga sudah diterima sangat baik ibu dan keluarga nasabah sudah menerima permintaan maaf dari PNM dan pihak keluarga," imbuh Maimun.

Dia lalu menjelaskan duduk perkara kasus tersebut.

"Kalau satu nasabah yang menunggak maka teman nasabah lainnya harus bersedia menanggung teman yang menunggak. Nah ibu nasabah ini kebetulan sudah dua kali tidak membayar angsuran. Karena tidak dibayar angsuran, ditanggunglah temannya yang membayarkan karena ini sistem kelompok, karena sudah dua kali  dibayarkan oleh temannya, teman nasabah lainnya memohon kepada petugas PT PNM untuk dibantu menagih kepada nasabah tersebut karena tidak mau teman nasabah lainnya membayarkan untuk periode berikutnya," jelasnya.

Pihak PT PNM juga menyebutkan, dari versi teman nasabah itu sudah dilakukan upaya dengan mengunjungi nasabah dengan harapan ingin mendapatkan komunikasi yang baik. Namun saat bertemu dengan nasabah tidak membuahkan hasil. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral