Vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Mamuju, Sulbar.
Sumber :
  • Tim Tvone-Gusni Kardi

Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun di Mamuju Rendah

Rabu, 2 Maret 2022 - 12:35 WIB

Mamuju, Sulawesi Barat-Vaksinasi anak usia 6-11 tahun, di Mamuju, Sulbar, masih rendah. Pencapaian target baru berkisar 15%. Target untuk vaksinasi anak di Mamuju, mencapai 32.000 anak. Untuk saat ini pencapaian vaksinasi anak baru di angka 4000 anak. Menurut Kadis Kesehatan Pemkab Mamuju, Achong, kendala yang dihadapi satgas Covid 19 untuk melaksanakan vaksinasi anak karena sebahagian besar orang tua masih termakan berita hoaks.

"Agar kedepannya orang tua anak tidak lagi termakan hoaks soal vaksinasi anak, yang banyak beredar di media sosial, petugas Satgas Covid 19 akan berupaya memberikan pemahaman kepada orang tua anak agar tidak perlu meragukan vaksinasi kepada anak," jelas Achong kepada wartawan saat kegiatan vaksinasi anak usia 6-11 tahun yang digelar di SD Karema, Rabu, (2/3/2022).

Lebih jauh Achong menjelaskan, rendahnya pengetahuan masyarakat terhadap manfaat vaksinasi anak mengakibatkan masyarakat menolak anaknya divaksinasi.

Lain halnya yang dikatakan Alamsyah, penanggungjawab vaksinasi untuk Kabupaten Mamuju. Menurutnya, masih rendahnya pencapaian target untuk vaksinasi anak, karena masih kurangnya pemahaman orang tua terhadap manfaat vaksinasi anak.

"Masih rendahnya vaksinasi anak di Mamuju dipicu akibat orang tua yang melarang anaknya untuk ikut vaksinasi, padahal anaknya sendiri tidak mempersoalkan dilakukan vaksinasi anak," ujarnya.

Senada yang dikatakan Bupati Mamuju, Sutinah Suhardi, menurutnya, vaksinasi anak untuk usia 6-11 tahun hingga saat ini masih sngat rendah dibandingkan kebupaten lain yang ada di Sulbar.

"Rendahnya persentase vaksinasi anak di Mamuju, dipicu akibat orang tua siswa yang melarang anaknya untk mengikuti vaksinasi anak. Agar kedepannya vaksinasi anak dapat lebih ditingkatkan, tugas pemerintah kabupaten untuk mengedukasi orang tua siswa," kata Sutinah Suhardi yang ditemui saat pelaksanaan vaksinasi anak di SD Karema khusus untuk anak anak sekolah di Kecamatan Simboro.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:52
02:08
02:13
01:10
01:07
03:09
Viral