suasana pemeriksaan dokumen dan detail kartu vaksin Malaysia di Pelabuhan Parepare, Sulsel.
Sumber :
  • Tim Tvone-Rusli Djaafar

PCR dan Antigen Dihapus Pelaku Perjalanan Luar Negeri Meningkat di Pelabuhan Parepare

Sabtu, 12 Maret 2022 - 17:11 WIB

Parepare,Sulawesi Selatan - Volume penumpang di pelabuhan Parepare terus mengalami peningkatan. Bukan cuma pelaku perjalanan dalam negeri, peningkatan juga terjadi pada kedatangan pelaku perjalanan luar negeri sejak penghapusan tes bebas covid 19 diberlakukan.


"Alhamdulillah saya sudah melakukan vaksin ketiga karena di Malaysia sangat ketat pemeriksaan di mana kami para pekerja di sana harus sudah divaksin lengkap," ujar Suardi Agosi, pekerja migran asal Malaysia yang hendak pulang ke kampung halamannya di kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

Para penumpang pelaku perjalanan luar negeri ini umumnya pekerja migran asal Malaysia yang memilih cuti jelang pelaksanaan bulan puasa dan mereka sudah dilengkapi dokumen vaksin yang dikeluarkan pemerintah Malaysia. Mereka memilih pulang menggunakan kapal laut setelah sebelumnya transit di pelabuhan Nunukan, Kalimantan Utara.

"Perlakuan kami (petugas kesehatan pelabuhan) sama antara perjalanan dalam negeri maupun pelaku perjalanan dari
luar negeri. Bedanya pelaku perjalanan luar negeri ini umumnya merupakan pekerja migran asal Malaysia yang sudah menjalani karantina sesuai aturan di Nunukan, Kalimantan Utara sebelum melakukan perjalanan ke Parepare," beber Nurhayati, Kordinator Kesehatan Pelabuhan Parepare, yang ditemui Sabtu (12/03/2022).

Volume penumpang di pelabuhan Parepare memang mengalami peningkatan sejak penghapusan tes bebas covid 19 baik berupa antigen maupun PCR dan hanya mengharuskan pelaku perjalanan dilengkapi surat keterangan sudah divaksin lengkap sesuai surat edaran atau SE Satgas Covid 19 nomor 11 tahun 2022 tentang pelaku perjalanan dalam negeri dan SE No 12 Tahun 2022 tentang pelaku perjalanan luar negeri dan diperkuat dengan SE Kementrian Perhubungan No 24 Tahun 2022.(Rusli Djafaar/Ask)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:43
05:47
03:09
02:04
02:28
04:12
Viral