Menko PMK diberi gelar nama adat Deng Majarre oleh bupati Gowa, Sulsel.
Sumber :
  • Tim Tvone-Wawan Setiawan

'Daeng Majarre' Gelar Nama Adat Gowa untuk Menko PMK

Jumat, 18 Maret 2022 - 13:26 WIB

Gowa, Sulawesi Selatan - Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan berikan gelar nama adat Gowa Daeng Majarre untuk Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Republik Indonesia, Muhadjir Effendy di Museum Istana Balla Lompoa, Kabupaten Gowa, Kamis (17/3/2022). 

"Arti dari "Majarre" adalah pemersatu atau mempererat, pemberian nama ini sebagai bentuk untuk mempersatukan adat budaya yang ada di Gowa," ungkap Adnan. 

Pemersatu atau mempererat menjadi arti di balik gelar "Majarre" ini dan menjadi kehormatan bagi masyarakat adat Gowa kepada beliau. Rupanya Adnan mengaku mendapatkan keberkahan sendiri bagi Kabupaten Gowa dengan kehadiran Menko PMK ini karena berkontribusi dalam hal pikiran sehingga nama gelar adat ini diberikan.

Meski menyandang gelar nama adat yang diberikan, Muhadjir Effendy sangat berterima kasih. Baginya, gelar tersebut belum pantas untuknya karena merasa belum memberikan sumbangsih yang berarti untuk Gowa. 

"Kami sangat berterimakasih atas pemberian ini, meskipun saya merasa belum pantas karena belum memberikan sumbangan yang bermakna untuk Kabupaten Gowa," katanya. 

Selain itu, Menko PMK ini juga mengapresiasi langkah pemerintah Kabupaten Gowa, karena tidak berhenti untuk terus melestarikan nilai luhur.

"Ini adalah kegiatan yang baik untuk menggali kembali nilai luhur, situs terpendam dan kemudian ini saatnya membangun untuk modal Gowa, Sulsel dan Indonesia di masa depan," pungkasnya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:52
00:44
03:48
01:02
01:32
04:19
Viral