Batang pohon keramat di Tana Toraja.
Sumber :
  • Tim Tvone-Joni bane tonapa

Pohon Keramat Tumbang Tutup Jalan Kabupaten, Evakuasi Tunggu Ritual Adat

Selasa, 29 Maret 2022 - 14:24 WIB

Tana Toraja, Sulawesi Selatan - Pohon Beringin berukuran besar, tumbang di Kelurahan Tarongko, Kecamatan Makale, Kabupaten Tana Toraja, Provinsi Sulawesi Selatan, pada Senin (28/3/2022) dini hari. Hingga Selasa (29/3/2022) belum bisa dievakuasi lantaran pohon tersebut dikeramatkan oleh warga sehingga harus menunggu ritual adat.

"Pohon ini belum bisa di evakuasi sebelum mendapat ijin dari tokoh adat wilayah setempat sebab pohon beringin yang tumbang dianggap sebagai pohon keramat jadi harus ada ritual dulu dari tokoh adat," terang Margaretha, Warga Tarongko.

Pohon beringin yang dianggap warga sebagai pohon keramat sampai hari ini masih menutup akses jalan penghubung antara dua kelurahan yakni kelurahan Tarongko dan Batupapan sehingga membuat aktifitas warga di dua kelurahan masih lumpuh.

Personil BPBD Tana Toraja yang mendatangi lokasi untuk melakukan evakuasi terpaksa ditunda karena masyarakat setempat meminta, sebelum pohon beringin besar tersebut dipindahkan, terlebih dulu dilakukan ritual karena pohon tersebut dikeramatkan warga sekitar.

Walau melumpuhkan akses jalan penghubung kelurahan, pohon tersebut tidak berani dipindahkan personil BPBD dan warga, sebab tokoh adat yang diharapkan melakukan ritual sebelum pohon dievakuasi saat ini tidak ada ditempat.

Margaretha menjelaskan, jika pohon beringin tua berukuran besar tersebut dulunya kerap dijadikan sebagai tempat memuja arwah para leluhur, sehingga disakralkan oleh warga sekitar. (Joni Bane Tonapa/Ask)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
26:59
25:31
06:57
09:47
07:30
00:48
Viral