Puskesmas Miangas di Perbatasan NKRI dan Filipina.
Sumber :
  • Marwan Dias Aswan

Cerita Tenaga Kesehatan di Pulau Terluar NKRI, Aktivitas Rumah Tangga Perawat Sekaligus Berfungsi sebagai Ruang Rawat Inap Puskesmas

Kamis, 16 Juni 2022 - 09:12 WIB

Kepulauan Talaud, Sulut - Pulau Miangas merupakan salah satu Pulau terluar di Wilayah Sulawesi Utara yang berbatasan langsung dengan Negara tetangga Filipina. Salah satu daerah kepulauan di kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara ini menjadi prioritas pemerintah pusat, namun tidak sebanding dengan Apa yang dialami para tenaga kesehatan Puskesmas Miangas di pulau perbatasan itu.

Tidak adanya fasilitas rumah dinas yang dimiliki oleh Puskesmas Miangas, sejumlah tenaga kesehatan (Nakes) terpaksa harus rela tinggal di dalam ruang rawat inap milik Puskesmas. Mereka melakukan aktivitas dapur, MCK sekaligus melayani pasien di Puskesmas tersebut.

Tenaga kesehatan yang tinggal di dalam ruang rawat inap tersebut berjumlah 5 orang, yang terdiri dari 4 orang tenaga kesehatan dari Nusantara Sehat (NS), dan 1 orang perawat.

"Kami tinggal disini (ruang rawat inap), kurang lebih sudah 1 tahun 6 bulan," ungkap Muhammad Rizmanto, tenaga kesehatan dari Nusantara Sehat yang bertugas di Puskesmas Miangas.

"Saya tinggal disini dikarenakan di Puskesmas Miangas ini, belum memiliki Rumah dinas, jadi kami ditempatkan di puskesmas," lanjutnya.

Rizmanto pun mengakui bahwa selama tinggal di dalam puskesmas banyak memiliki suka dan duka.

"Selain tidur di ruang inap, Kami tinggal memasak, makan, mandi dan aktivitas sehari-hari, kami lakukan di dalam puskesmas ini yang agak jauh dari Pemukiman warga. Dan kami berharap tenaga kesehatan, punya rumah dinas sendiri Agar tidak menganggu pelayanan terhadap Pasien," tukasnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
03:57
11:28
10:12
09:50
01:53
Viral