Warga di Bolaang Mongondow Timur Gelar Acara Adat Sebagai Ucapan Syukur Panen Melimpah.
Sumber :
  • tim tvOne - Rifandi Kamaru

Warga di Bolaang Mongondow Timur Gelar Acara Adat Sebagai Ucapan Syukur Panen Melimpah

Selasa, 21 Juni 2022 - 11:32 WIB

Bolaang Mongondow Timur, Sulawesi Utara - Ribuan warga yang ada di Desa Purworejo dan Desa Liberia, Kecamatan Modayag, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Sulawesi Utara, kembali menggelar upacara adat atau yang disebut bersih desa sebagai ungkapan syukur atas hasil panen yang berlimpah setiap tahun.

Acara yang dipusatkan di Lapangan Arjuna Desa Purworejo (20/6/2022) diikuti oleh ribuan warga yang menggunakan busana adat khas Jawa, serta membawa berbagai macam hasil bumi. Mereka menggelar karnaval kirab budaya dengan cara mengelilingi desa sambil diiringi lagu khas Jawa. 

Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Sam Syahrul Mamonto mengatakan bahwa budaya bersih desa ini akan menjadi agenda tetap yang harus dilaksanakan setiap tahun. Hal ini dilakukan agar para generasi muda yang ada, tidak melupakan budaya dan adat istiadat yang menjadi identitas diri warga Jawa di Bolaang Mongondow Timur. Kegiatan ini juga akan dijadikan destinasi wisata di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

"Kegiatan upacara adat budaya warga Jawa atau disebut bersih desa ini, akan dilakukan setiap tahun. Hal ini agar para generasi muda yang ada, tidak melupakan budaya dan adat istiadat yang menjadi identitas diri warga Jawa di Bolaang Mongondow Timur. Bahkan nantinya kegiatan ini juga menjadi destinasi wisata di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur," ujar Sam Syahrul Mamonto.

Selain melakukan Karnaval Kirab Budaya, kegiatan ini juga akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan lainnya seperti, festival kuliner lawas, campur sari dan koploan, serta panggung seni budaya, hingga rebutan hasil bumi oleh warga di dua desa setempat.(rku/chm)

 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral