Sempat terkonfirmasi Positif Covid-19, JCH Embarkasi Makassar akhirnya diberangkatkan..
Sumber :
  • Tim Tvone-Wawan Setiawan

Sempat Positif Covid-19, JCH Makassar Berangkat ke Tanah Suci

Jumat, 24 Juni 2022 - 15:05 WIB

Makassar, Sulawesi Selatan - Salah satu jemaah calon haji (JCH) asal Kota Makassar, Sulawesi Selatan, akhirnya diberangkatkan ke tanah suci untuk menunaikan ibadah haji, setelah sempat terkonfirmasi Positif Covid-19. Jemaah tersebut sempat tertunda selama 5 hari untuk menjalani isolasi mandiri. 

"Alhamdulillah kita sudah berangkatkan kemarin dimasukkan ke dalam kelompok terbang lainnya. Jemaahnya asal Kota Makassar yang sudah menjalani isolasi mandiri sesuai dengan protokol," ujar Sekretaris Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar, Ikbal Ismail, saat dikonfirmasi Jumat (24/5/22). 

Jemaah haji tersebut merupakan jemaah perempuan, berusia 50 tahun, asal Kota Makassar, yang sebelumnya dijadwalkan berangkat ke Arab Saudi pada gelombang pertama Embarkasi Makassar

Namun saat dilakukan pemeriksaan Swab PCR oleh Dinas Kesehatan Makassar, jemaah tersebut positif Covid-19 dengan kondisi orang tanpa gejala (OTG) sehingga pemberangkatannya ditunda. 

"Sesuai prosedur jemaah isolasi mandiri dirumahnya tanpa melakukan kegiatan di luar selama 5 hari. Kemudian dilakukan tes swab PCR dan hasilnya negatif, langsung kita masukkan ke kloter yang hendak akan diberangkatkan," ujar Ikbal. 

Setelah melakukan isolasi mandiri dan menunjukkan hasil swab PCR negatif Covid-19 jemaah tersebut kemudian diberangkatkan bersama 392 jemaah lainnya pada gelombang kedua pemberangkatan Embarkasi Makassar.

PPIH Embarkasi Makassar menghimbau jemaah yang hendak berangkat atau masuk ke dalam asrama haji Sudiang, agar mengurangi aktifitas manasik maupun berkumpul seminggu sebelum jadwal pemberangkatan. (wsn/Ask) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral