Jalan penghubung antara Kabupaten Tana Toraja dan Kabupaten Toraja Utara, Provinsi Sulawesi Selatan, Sabtu 2 juli 2022, tertutup material longsor dan pohon tumbang..
Sumber :
  • Tim Tvone-Joni Bane Tonapa

Poros Penghubung antar Kabupaten di Kurra Tertutup Longsor dan Pohon Tumbang

Sabtu, 2 Juli 2022 - 09:25 WIB

Tana Toraja, Sulawesi Selatan - Tingginya intensitas hujan yang terjadi sejak dua hari terakhir di wilayah Barat Toraja, membuat akses jalan penghubung antara Kabupaten Tana Toraja dan Kabupaten Toraja Utara, Provinsi Sulawesi Selatan, Sabtu (2/7/2022), tertutup material longsor dan pohon tumbang.

Simon Toding yang berusaha menyingkirkan batang pohon menggunakan gergaji mesin menjelaskan jika saat terjadi longsor wilayah tersebut karena diguyur hujan lebat disertai angin kencang, sehingga pohon pinus yang tepat berada di atas jalan ikut tumbang dan menutup badan jalan.

“Saat terjadi longsor sedang hujan lebat disertai angin kencang pak, sehingga pohon pinus tumbang, jadi sementara pohon kami bersihkan menggunakan gergaji mesin, kalau untuk material longsor ini harus dibersihkan menggunakan alat berat. Tegas Simon, Warga Lingkungan Tanete.

Foto: Warga membersihkan material longsor

Akibatnya jalan yang menjadi akses utama warga dan anak sekolah, tepatnya di Lingkungan Tanete, Kecamtan Kurra, Kabupaten Tana Toraja, saat menuju ke ibu kota kecamatan maupun kabupaten tersebut lumpuh, karena tertutup pohon dan lumpur.

Warga yang berada di lokasi kejadian berusaha membersihkan pohon dengan gergaji mesin, agar anak sekolah dan kendaraan roda dua bisa melintas, sementara untuk roda empat saat ini belum bisa melintas karena material lumpur masih menutup badan jalan. (Jbt/Ask)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:14
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
Viral