Penumpang Selamat KLM Takdir Ilahi yang Karam di Pulau Bonerate.
Sumber :
  • Asril Ihsan

Kapal Layar Motor Takdir Ilahi 02 Karam di Sebelah Barat Pulau Bonerate Akibat Menabrak Karang, 16 Awak Selamat

Kamis, 7 Juli 2022 - 04:33 WIB

Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan – Berlayar dari pelabuhan Maumere NTT tujuan Pulau Rajuni Kepulauan Selayar Sulawesi selatan, Kapal Layar Motor (KLM) Takdir Ilahi 02 menabrak karang disebelah barat Pulau Bonerate atau digugusan karang Tertera pada malam tadi Kamis (7/7/2022) sekitar pukul 00.30 Wita.

Sebanyak 16 awak dan penumpang Kapal Layar Motor Takdir Ilahi 02 berhasil diselamatkan oleh Pemerintah Kecamatan Pasiamarannu dan dievakuasi ke Pulau Bonerate dengan menggunakan dua perahu rakyat.

"Semua awak dan penumpang kami temukan sementara terapung telah meninggalkan kapal dan kapalnya sudah tengelam dibibir tebing karang Tertera, sementara dua anak-anak dan semuanya telah kami evakuasi ke rumah Pak Camat Pasiamarannu untuk mendapatkan pertolongan," jelas Kapten. Inf. Syamsuddin, Danramil Bonerate.

Pertolongan kami lakukan setelah mendapat informasi bahwa ada kapal menabrak karang dan tenggelam di perairan sebelah barat Pulau Bonerate, dan bersama Camat Pasimarannu serta Kapolsek Pasimarannu kami segera mengambil langkah dengan menggunakan perahu rakyat, dari dermaga kami menuju ke lokasi kejadian dan mendapati seluruh penumpang dan awak kapal ini telah terapung-terapung  menggunakan pelampung dan gabus, jelas Kapten. Inf. Syamsuddin.

Sementara itu, Syamsil Camat Pasimarannu menjelaskan bahwa semua korban kapal tengelam KLM. Takdir Ilahi telah dievakuasi dan semuanya selamat. 

"Dari 16 orang awak dan penumpang, dua diantaranya anak-anak. Kondisi saat ditemukan memang sudah kedinginan, karena kondisi cuaca yang sedikit berangin dan ombak musim timur juga agak kencang, apalagi kejadiannya malam hari,"jelas Syamsil, Camat Pasimarannu.

Menurut keterangan nakoda, tutur Syamsil, saat kejadian, kapal ini memuat hasil bumi namun tidak banyak. Kejadian kapal alami kebocoran karena menabrak karang di sebelah barat Pulau Bonerate, pungkas Syamsil. (ain/ade)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:44
07:21
02:04
11:21
03:10
08:04
Viral