Ular berbisa Black Boiga masuk di rumah warga di Maros, Sulsel..
Sumber :
  • Tim Tvone-Wawan Setyawan

Ular Berbisa Black Boiga Sepanjang 1 Meter Masuk Rumah Warga di Maros

Sabtu, 24 September 2022 - 12:14 WIB

Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan - Ular hitam berbisa sepanjang 1,3 meter, masuk ke dalam rumah warga di Lingkungan Pakalu, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Ular dengan nama latin Black Boiga Dendrophila sempat membuat pemilik rumah panik. Pemadam kebakaran Maros, yang menerima laporan tersebut pun langsung menerjunkan Tim Animal Rescue, untuk berupaya mengevakuasi ular berbisa tersebut. 

"Setelah menerima laporan, tim bergerak menuju lokasi untuk proses evakuasi menggunakan alat tongkat grab stick," ujar Kanit Rescue Damkar Maros, Erwin saat dikonfirmasi Sabtu (24/9/2022). 

Proses evakuasi berlangsung dramatis, pasalnya petugas harus ekstra hati-hati agar tidak dipatok oleh ular berbisa tersebut. Saat akan dievakuasi ular yang bersembunyi dibawa sofa pada ruang tengah rumah warga, sempat menyulitkan petugas. 

"Tim menggunakan grab stick untuk proses evakuasi ular yang berada di antara sofa," ujarnya. 

Proses evakuasi pun berjalan kurang lebih sekitar 30 menit hingga ular Black Boiga berhasil ditangkap kemudian dibawa ke Mako Damkar Maros. 

Kemunculan ular Black Boiga di pemukiman warga ini bukan pertama kalinya terjadi, rumah warga yang tidak jauh dari area hutan membuat ular tersebut diduga keluar untuk mencari makan. Ular tersebut rencana akan dilepasliarkan ke dalam hutan setelah diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) . 

Ular hitam Boiga sendiri tergolong cukup langka dan memiliki bisa kelas menengah. Habitat ular ini di hutan lembab atau hutan dekat sungai di ketinggian 610 meter dari atas permukaan laut. Biasanya ditemukan di sekitar hutan mangrove. (wsn/ask) 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:18
01:54
01:26
03:14
02:13
03:28
Viral