Badan jalan tertutup material batu dan longsor di Lembang Sikuku, Kecamatan Kapalapitu, Toraja Utara.
Sumber :
  • Tim Tvone-Joni Bane Tonapa

Tertutup Material Batu dan Longsor, Jalur Trans Sulawesi Poros Sereale-Rindingallo Lumpuh Total

Rabu, 26 Oktober 2022 - 08:47 WIB

Toraja Utara, Sulawesi Selatan - Badan jalan tertutup material batu dan longsor di Lembang Sikuku, Kecamatan Kapalapitu, membuat jalur Trans Sulawesi yang menghubungkan Kabupaten Toraja Utara dengan Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, Rabu (26/10/2022) lumpuh total.

"Longsor terjadi tadi malam sekitar jam 9 malam, sampai hari ini masih tertutup karena ada batu besar dan tiang listrik yang mentup badan jalan," terang Agustinus Sangka, Kepala Lembang Sikuku, yang di saat bersamaan memantau kondisi longsor.

Tingginya intensitas hujan yang terjadi sejak beberapa hari terakhir, membuat tebing setinggi 40 meter longsor. Akibatnya jalur poros Rantepao- Sereale-Rindingallo tak bisa dilalui kendaraan.

Material batu dan tanah hingga saat ini belum bisa dievakuasi, sebab warga takut kabel induk PLN masih melintang di atas tanah longsor, karena tiang listrik milik PLN patah dan ambruk akibat diterjang batu saat terjadi longsor.

Sementara anak sekolah yang hendak ke wilayah perkotaan terpaksa harus memutar jauh ke beberapa jalan perkampungan, namun beberapa diantaranya seperti anak SD terpaksa menerobos longsor dengan melintasi tebing dengan kondisi yang sangat membahayakan.

Agustinus Sangka Kepala Lembang Sikuku yang memantau langsung dilokasi longsor mengatakan, saat ini pihaknya telah berkordinasi dengan pihak PUPR dan BPBD serta PLN untuk melakukan proses pembersihan.

"Kami sudah koordinasi dengan pemerintah daerah melalui PUPR, BPBD dan PLN untuk membersihkan material longsor, saat ini kami masih menunggu alat berat, karena batu besar bercampur lumpur menutupi jalan," ungkap Agustinus Sangka, Kepala Lembang Sikuku.(jbt/ask)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:15
01:24
01:49
01:41
01:47
06:30
Viral