Plt Direktur Medik RSUP Wahidin Sudirohusodo, dr. Nu'man AS Daud..
Sumber :
  • Tim Tvone -Wawan Setiawan

Jadi RS Rujukan Gagal Ginjal Akut, RSUP Wahidin Sudirohusodo Bentuk Timsus

Rabu, 26 Oktober 2022 - 12:28 WIB

Makassar, Sulawesi Selesai - Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Wahidin Sudirohusodo Makassar, membentuk tim khusus setelah menjadi salah satu rumah sakit rujukan penanganan penyakit gagal ginjal akut. Tim khusus beranggotakan sejumlah dokter-dokter spesialis anak, termasuk dokter ginjal, dokter spesialis radiologi, hingga pathologi klinik. 

"Rumah sakit telah membentuk tim khusus untuk mengantisipasi jika ada rujukan karena kita ini rumah sakit rujukan, maka kami menyiapkan tim serta menyiapkan perawatan khusus jika ada pasien gagal ginjal akut," kata Plt Direktur Medik RSUP Wahidin Sudirohusodo, dr. Nu'man AS Daud, Rabu (26/10/2022). 

Tim khusus ini nantinya akan menangani dan melakukan evaluasi secara mendalam termasuk penelitian secara epidemiologi dari kasus gagal ginjal akut pada anak. 

dr. Nu'man mengaku hingga saat ini belum ada pasien rujukan gagal ginjal akut terhadap anak yang menjalani perawatan di RSUP Wahidin Sudirohusodo Makassar. Namun ada 5 pasien gagal ginjal anak yang tengah dirawat. Meski demikian 5 pasien tersebut tidak termasuk dalam gagal ginjal progresif yang tengah merebak. 

"Nah sekarang ada 5 pasien gagal ginjal yang dirawat namun penyebabnya jelas bukan masuk dalam gagal ginjal progresif yang sedang diantisipasi pemerintah saat ini," ujarnya. 

Pihak RS juga telah menyiapkan ruangan khusus penanganan gagal ginjal akut guna mengantisipasi adanya kasus lokal maupun rujukan dari provinsi lainnya. 

Plt Direktur Medik RSUP Wahidin Sudirohusodo juga menjelaskan, untuk penggunaan obat-obatan pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan RI dalam penanganan kasus gagal ginjal akut tersebut. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral