Kapal pengakut 14 ribu tabung gas elpiji 3 kg tiba di Kepulauan Selayar, Sulsel, Kamis, (5/1/2023).
Sumber :
  • ANTARA/HO-Pemkab Selayar.

Cuaca Buruk, Pasokan Gas 3 KG di Pulau Selayar Langka

Kamis, 5 Januari 2023 - 15:39 WIB

Makassar, Sulawesi Selatan - Kapal Pengangkut 14 ribu tabung gas 3 Kg yang tertahan berhari-hari di Pelabuhan Lappe, Bulukumba, Sulawesi Selatan, akibat cuaca buruk, membuat kelakaan gas di Kepulauan Selayar.

Namun, kondisi tersebut mulai teratasi setelah kapal pengangkut yang sempat tertahan akibat cuaca buruk tiba di Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

"Alhamdulilah, sebanyak 14.000 tabung gas elpiji 3 Kg telah tiba" kata Kadisperindag Andi Abd. Rahman saat melakukan pemantauan kedatangan dan pendistribusian di Pelabuhan Pamatata, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulsel, Kamis (5/1/2023).

Andi Rahman memastikan pasokan tabung gas yang datang hari ini akan langsung didistribusikan ke pangkalan secara merata. 

"Masyarakat tidak perlu khawatir, pemerintah daerah tidak menutup mata, akan terus berusaha menjamin ketersediaan kebutuhan masyarakat, termasuk ketersediaan gas elpiji," katanya.

Dirinya pun mengakui di masyarakat saat ini memang terjadi kelangkaan gas dan ada kenaikan harga akibat pendistribusian yang terlambat karena faktor cuaca.

"Harga normalnya di pengecer sebesar Rp24.000,- sampai Rp25.000, per tabung, namun atas kondisi yang ada, dimanfaatkan oleh beberapa oknum pengecer di lapangan" jelasnya.

Kadisperindag saat sidak tak henti-hentinya memberikan pembinaan dan imbauan kepada para agen, pangkalan maupun pengecer agar dalam situasi cuaca ekstrem seperti sekarang ini tidak melakukan permainan harga bahkan melakukan penimbunan.

"Gas adalah kebutuhan pokok masyarakat, maka sangat ditegaskan pendistribusian tabung gas lebih mementingkan kebutuhan konsumsi masyarakat" tegasnya.

Kepala Bagian Ekonomi Setda Rahman Made menjelaskan, pada saat sidak ini ditemukan salah satu oknum pengecer didapati menjual tabung gas elpiji 3 Kg sebesar Rp35.000 per tabung, sehingga langsung diberikan teguran dan pembinaan. (hoa/mii)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:36
06:06
01:05
01:46
02:38
03:57
Viral