Proyek KA Makasar-Parepare Kereta Pertama di Sulawesi yang Dibangun Menggunakan Skema KPBU.
Sumber :
  • Istimewa

Proyek KA Makassar-Parepare Kereta Pertama di Sulawesi yang Dibangun Menggunakan Skema KPBU

Selasa, 10 Januari 2023 - 23:56 WIB

Makassar, tvOnenews.com - Proyek pertama Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) di sektor transportasi Kereta Api (KA) Makassar-Parepare telah memasuki Operasi Komersial Tahap 1 pada tahun lalu.

Sampai saat ini, uji coba Kereta Luar Biasa (KLB) untuk rute Stasiun Maros ke Stasiun Garongkong masih terus dilaksanakan dan masyarakat umum sudah dapat mencoba secara gratis dengan rute Stasiun Mangilu ke Stasiun Garongkong.

Dalam pelaksanaan proyek KPBU Kereta Makassar-Parepare, Kementerian Perhubungan mendapat dukungan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melalui fasilitas Project Development Facility (PDF), di mana PT PII ditugaskan sebagai pelaksana fasilitas membantu Penanggung Jawab Proyek Kerja sama (PJPK).

Direktur Bisnis PII, Andre Permana mengatakan, peran PII sebagai pelaksana PDF membantu Kemenhub, selaku PJPK, untuk penyiapan proyek sejak Juni 2018 hingga siap transaksi sampai dengan mencapai Financial Close pada September 2021.

Selain itu, fasilitas Penjaminan Pemerintah yang diberikan pada proyek ini dilakukan dalam rangka memberikan kenyamanan bagi investor dan perbankan, memperlancar pencapaian financial close, sehingga diharapkan proyek ini dapat berjalan tepat waktu dan sesuai rencana.

“Kereta Api Makassar Parepare merupakan moda transportasi yang telah ditunggu sejak lama oleh masyarakat Sulawesi Selatan yang akhirnya dapat diwujudkan melalui skema KPBU," kata Andre dalam keterangan resminya, Selasa (10/1/2023).

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral