Petugas gabungan dibantu warga sedang mencari korban longsor di tambang emas ilegal.
Sumber :
  • Tim Tvone/ Chaidir Azhar

Sudah 2 Hari Tertimbun Longsor di Tambang Emas Ilegal, Jasad Kepala Desa Belum Ditemukan

Sabtu, 11 Februari 2023 - 21:16 WIB

Nagan Raya, Aceh - Diduga tertimbun longsor di lokasi tambang emas ilegal, jasad Said Bukhari, Kepala Desa Gunong Nagan, Kecamatan Beutong sampai saat ini belum ditemukan di lokasi kejadian.

Kalak BPBD Nagan Raya, Irfanda Rinadi, menyebutkan korban tertimbun longsor diperkirakan dua hari lalu. Ia menyebut, hingga kini, pihaknya belum mengetahui persis kronologisnya, karena saat ini sedang fokus pencarian terhadap korban yang belum ditemukan.

“BPBD, TNI, Polri serta masyarakat, terus melakukan pencarian terhadap Kepala Desa Gunong Nagan, dengan upaya dapat ditemukan dalam longsor tersebut,” katanya, Sabtu (11/2/2023). 

Kasat Reskrim Polres Nagan Raya, AKP Machfud, membenarkan adanya salah satu Keuchik (kepala desa) di Kecamatan Beutong, tertimbun longsor. Namun sampai saat ini, belum diketahui penyebab korban tersebut tertimbun longsor di Alue Gantung Gampong Pante Ara, Kecamatan Beutong.

Untuk sementara, kata AKP Machfud, informasi beredar di tengah masyarakat, korban tertimbun longsor di lokasi tambang emas ilegal. Padahal, Polres Nagan Raya telah melarang masyarakat kabupaten itu untuk melakukan Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di wilayah itu. “Untuk menertibkan tambang emas ilegal itu, kita telah memasang spanduk di sejumlah kawasan tambang emas ilegal,” ujarnya.

AKP Machfud menegaskan, jika masih ada yang melakukan tambang ilegal, serta melanggar dengan seruan tersebut, pihaknya akan menindak tegas pelaku tanpa pandang bulu. “Kita meminta kepada pelaku PETI di Kabupaten itu, agar tidak melakukan aktivitas tambang emas ilegal, untuk menghindari kerusakan lingkungan serta mencegah terjadinya korban terhadap pelaku tambang ilegal,” pungkasnya. (kha/wna)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:30
01:07
03:27
01:35
03:20
01:47
Viral