Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi didampingi Bupati Tapsel memberikan penghargaan pada Camat Batang Toru, Mara Tinggi Siregar..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Dedi H

Terapkan Stop BAB Sembarangan, Kecamatan Batang Toru Raih Penghargaan

Kamis, 16 Februari 2023 - 15:16 WIB

Tapanuli Selatan, Sumatera Utara - Kecamatan Batang Toru, Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara (Sumut) berhasil meraih juara terbaik I kategori kabupaten tingkat Provinsi Sumatera Utara. Atas keberhasilan tersebut, Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi menyerahkan Tunggul Kecamatan Terbaik I kepada Camat Batang Toru, Mara Tinggi Siregar di Lapangan Parade Perkantoran Pemerintah Tapanuli Selatan, Sipirok, Kamis (16/2/2023).

Bupati Tapanuli Selatan, H Dolly Putra Parlindungan Pasaribu mengatakan, keberhasilan Kecamatan Batang Toru menjadi kecamatan terbaik I tingkat Provinsi Sumut, karena kecamatan ini merupakan satu-satunya kecamatan yang menyatakan sudah bebas dengan buang air besar (BAB) sembarangan atau Stop BAB sembarangan, juga salah satu kecamatan yang mulai menerapkan digitalisasi pelayanan di kelurahan dan desa.

Lalu lanjut Dolly, Kecamatan Batang Toru juga menerima penghargaan dari Kapolres Tapsel dalam pelayanan vaksin Covid-19 dengan angka 100 persen usia di bawah 12 tahun. “Batang Toru juga telah menerapkan bank sampah di desa dan sampah yang masih bisa dimanfaatkan dapat didaur ulang sehingga bisa dijual melalui bank sampah dan hasilnya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” terang Doly.

Disamping itu, kata Dolly, Batang Toru telah mengembangkan padi dan jagung organik di Desa Sipenggeng, Desa Garoga, Desa Hutagodang dan Kelurahan Wek I serta pengembangan ikan jurung di Desa Sipenggeng.

Sementara itu, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengatakan, penilaian kecamatan dilakukan setiap tahun, bahkan ada apresiasi, ada berupa finansial dan ada beberapa tanda-tanda suatu kehormatan. Adapun tingkatan yang paling bawah, seperti kades, lurah dan camat itu harus melaksanakan administrasi tata kelola pemerintahan yang baik.

“Inilah yang perlu kita evaluasi setiap saat karena kemajuan suatu daerah sangat ditentukan oleh kades, lurah dan camat. Apabila Gubernur ini tidak ada, masih tidak ada masalah terhadap republik ini akan tetapi kalau kades tidak ada inilah yang akan menjadi runyam,” terang Edy. (dho/wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral