Pemberian vaksin polio tetes (OPV).
Sumber :
  • Tim TvOne/Istimewa

Gencarkan Imunisasi Polio, Dinkes Medan Jemput Bola Hingga ke Mall

Senin, 20 Februari 2023 - 16:07 WIB

Medan, Sumatera Utara - Polio merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus polio yang menyerang sistem saraf pusat dan merusak sistem saraf motorik. Pencegahan diperlukan dengan pemberian vaksin polio sejak dini.

Fungsi dan manfaat imunisasi polio adalah mencegah penyakit polio atau lumpuh layu yang bisa membuat kelumpuhan, bahkan berpotensi menyebabkan kematian.

Untuk mencegah hal tersebut, Dinkes Medan miliki target pemberian vaksin polio pada balita di Medan bukan hanya melalui Puskesmas saja, namun menyasar hingga ke pusat-pusat perbelanjaan, seperti Medan Mall dan DeliPark Mall.

Hal tersebut dikatakan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Medan, dr Pocut Fatimah Fitri, Senin (20/2/2023). Menurut laporan  yang ia terima, pemberian vaksin sudah hampir menyeluruh dilakukan secara door to door. “Makanya kemarin kami lakukan penjaringan di pusat perbelanjaan, yakni di Medan Mall, Deli Park dan bersama Puskesmas Teladan dan ada lebih 50 orang anak yang diberikan vaksin ini,” katanya.

Ketika disinggung mengapa menyasar hingga ke mall, lantaran masih banyak masyarakat yang tidak tahu tentang vaksin polio ini.

“Nah, yang belum tahu ini kita ajak. Kalau dia tidak bersedia kita tidak bisa memaksa,” ucap Pocut.

Ada beberapa mall lagi yang akan disambangi Dinkes Medan, namun masih menunggu jadwal. “Karena kami minta difasilitasi oleh Dinas Koperasi UMKM dan Disperindag untuk dijadwalkan,” ungkapnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
01:54
01:18
02:35
02:56
03:32
Viral