Kapolres Aceh Barat, AKBP Pandji Santoso (tengah) sedang memimpin rapat koordinasi penanganan Karhutla.
Sumber :
  • Tim Tvone/ Chaidir Azhar

130 Orang Personel BPBD Aceh Barat Disiagakan di 4 Titik Rawan Karhutla

Kamis, 23 Februari 2023 - 17:05 WIB

Aceh Barat, tvOnenews.com - Memasuki musim kemarau, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat mewaspadai sejumlah titik rawan yang sering terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Aceh Barat, Mashuri mengatakan, setidaknya ada sebanyak empat lokasi rawan terjadinya karhutla di wilayah Aceh Barat. “Kecamatan Johan Pahlawan, Kecamatan Meureubo, Kecamatan Samatiga dan Kecamatan Arongan Lambalek,” kata Mashuri, Kamis (23/2/2023).

Guna mencegah terjadinya Karhutla, petugas dari BPBD Aceh Barat rutin melakukan pemantauan dan pengecekan ke wilayah-wilayah yang rawan serta berpotensi terjadinya karhutla.

“Kita menyiagakan sebanyak 130 orang personel BPBD Aceh Barat dan sebanyak 6 unit armada mobil pemadam kebakaran untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya karhutla,” katanya.

Selain melakukan pemantauan lahan, kata Mashuri, BPBD Aceh Barat juga melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait dampak yang akan ditimbulkan dari karhutla. “Melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat di daerah rawan untuk tidak melakukan pembersihan lahan dengan cara membakar,” ujar Mashuri. (kha/wna)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral