Panglima Armada I dalam pesawat.
Sumber :
  • Tim Tvone/ Kurnia Syaifullah

Pantau Lewat Udara, Panglima Armada I Pastikan Laut Natuna Utara Kondusif

Kamis, 23 Februari 2023 - 17:24 WIB

Natuna, TvOnenews.com - Panglima Komando Armada I, Laksamana Muda TNI Erwin S Aldedharma, memastikan kondisi Laut Natuna Utara dalam kondisi yang sangat kondusif. Di sela meninjau situasi Selat Malaka dan Sabang, Kamis (23/2/2023), Pangkoarmada I menyebut sejauh ini tidak ditemukan adanya bentuk pelanggaran hukum dan kedaulatan negara di kawasan perbatasan dengan Laut China Selatan itu.

"Seperti yang kita lihat langsung, memang ada sejumlah kapal asing. Tapi kegiatan dilakukan di wilayah mereka. Tidak ditemukan adanya pelanggaran hukum dan kedaulatan di Laut Natuna Utara," tegas Erwin.

Pada Rabu (22/2/2023), Erwin bersama sejumlah jajaran Koarmada I bertolak dari Tanjungpinang dengan pesawat CN-235 TNI AL meninjau langsung kondisi Laut Natuna Utara lewat udara. Ia menjamin KRI akan selalu hadir di Laut Natuna Utara untuk meyakinkan keamanan di kawasan tersebut.

"KRI akan selalu ada setiap waktu di kawasan ini, sehingga tidak ada berita yang dipelintir yang dapat mengganggu stabilitas keamanan dan situasi yang sudah kondusif," paparnya lagi.

Pemindahan Markas Komando Gugus Tempur Laut (Mako Guspurla) Koarmada I ke Natuna disebut Erwin sebagai wujud keseriusan serta bentuk tanggung jawab TNI AL dalam menjaga keamanan dan penegakan hukum serta kedaulatan di laut.

Keberadaan Mako Guspurla di Natuna ini, menurutnya akan mempersingkat waktu dalam upaya tindakan yang membutuhkan reaksi cepat. Ini mengingat jarak Mako Guspurla yang relatif singkat dari Laut Natuna Utara.

"Secara perlahan tapi pasti kebutuhan fasilitas di Mako Guspurla Koarmada I akan dipenuhi sesuai SOP, standar daftar susunan personel, termasuk standar fasilitas yang kita miliki," sebut Erwin. (ksh/wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:52
01:15
01:10
11:40
03:35
01:05
Viral