Wisata Lorong Bintan, Lorong disulap Jadi Destinasi Wisata Edukasi di Tanjungpinang.
Sumber :
  • Tim Tvone/Kurnia

Wisata Lorong Bintan, Lorong disulap Jadi Destinasi Wisata Edukasi di Tanjungpinang

Rabu, 1 Maret 2023 - 18:35 WIB

Tanjungpinang, tvOnenews.com - Lorong Bintan hanya berjarak "sepelemparan batu" dari Pelabuhan Penumpang Sri Bintan Pura Tanjungpinang. Ya sangat dekat.

Pelancong yang baru tiba melalui perjalanan laut cukup hanya berjalan kaki untuk sampai ke lokasi Lorong Wisata itu.

Lorong Bintan terletak di kawasan Kota Lama Tanjungpinang. Dulu, lorong ini memiliki citra negatif. Sering dijadikan tempat mangkal PSK, Pekerja Seks Komersil. Tapi citra itu perlahan hilang setelah kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Bertuah dan Cermin Indah bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tanjungpinang melakukan penataan.

Dinding rumah warga di sepanjang lorong itu dihiasi dengan 26 lukisan mural dan aneka hiasan khas Tiongkok. Lukisan mural tidak hanya menyajikan keindahan seni rupa, tetapi juga memberikan cerita tentang gambaran kehidupan sosial masyarakat etnis Tionghoa masa lampau di Tanjungpinang.

Keberadaan lukisan ini menjadi daya tarik bagi wisatawan. Tidak sedikit warga setempat termasuk pelancong yang menjadikannya sebagai latar belakang untuk berfoto.

Terlebih dengan adanya pakaian khas Tiongkok yang disewakan Pokdarwis Bertuah dan Cermin Indah. Dengan mengenakan pakaian Cheongsam dan Hanfu, pengunjung yang berfoto di lorong ini terasa layaknya sedang berada di Negeri Tirai Bambu.

"Pakaian itu kami sewakan. Cukup bayar Rp 25 ribu untuk setiap kostumnya," ujar Melly, salah seorang anggota Pokdarwis Bertuah dan Cermin Indah, Rabu (1/3/2023).

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral