Kondisi pengungsi di SMA Negeri 1 Serasan di Desa Pangkalan, Kecamatan Serasan, Natuna, Kepri, Selasa (7/3/2023)..
Sumber :
  • (ANTARA/HO- koordinator pengungsi SMA N 1 Serasan)

Pemukiman Warga di Natuna Rata dengan Tanah, 1.216 Orang Mengungsi

Selasa, 7 Maret 2023 - 11:43 WIB

Natuna, tvOnenews.com - Duka kini tengah menyelimuti warga di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Bencana longsor yang terjadi di Desa Pangkalan, Kecamatan Serasan, Kabupaten Natuna, menjadi mimpi buruk bagi warga setempat.

Betapa tidak, rumah yang menjadi tempat berlindung mereka kini rata dengan tanah, setelah bencana tanah longsor yang terjadi pada Senin (6/3/2023) menerjang pemukiman di Desa Pangkalan, Natuna. Setidaknya, 50 orang tertimbun material longsor dan belum ditemukan.

Menurut Pemerintah Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Natuna, sebanyak 1.216 orang kini mengungsi. Pasalnya, rumah mereka sudah rata dengan tanah.

Sebanyak 1.216 orang pengungsi diketahui berasal dari tiga kampung di sekitar longsor diantaranya Kampung Air Raya, Kampung Air Sekain dan warga Desa Pangkalan.

Terbatasnya tempat pengungsian yang terpusat, warga yang terdampak bencana tanah longsor ini mengungsi disejumlah tempat. Diantaranta, 219 orang berada di pengungsian PLBN, 215 orang di Pengungsian Puskesmas Serasan, 500 orang di pengungsian Pelimpak dan Mesjid Al Furqon, serta 282 orang di SMA Negeri 1 Serasan dengan total pengungsi sebanyak 1.216 Orang.

Sulitnya akses, warga yang mengalami cidera parah dan empat orang mengalami kritis, kini hanya dirawat di tenda pengungsian terpusat PLBN.

Material longsor yang menerjang Desa Pangkalan, Natuna, sebanyak 26 rumah dan satu surau tertimbun longsor. Data tersebut berdasarkan hasil perhimpunan dan pencarian Dinas Kominfo setempat pada hari pertama Senin tanggal 6 Maret 2023 , dan akan di update secara berkala.

Kondisi di wilayah atau Pulau Serasan tersebut masih kesulitan sinyal dan hanya ada di sekolah sekolah serta kantor desa yang masih bisa ioprerasikan.

Saat ini tim SAR gabungan dan rombongan Bupati Natuna sedang berada di lokasi longsor.

Kesulitan alat berat masuk kearah bencana longsor
Longsor juga diketahui tidak hanya terjadi di daerah itu, dilaporkan pula terjadi di Desa Jermalik dan Desa Air Nusa Kecamatan Serasan Timur, tidak ada laporan korban jiwa, namun diketahui warga sekitar turut mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Untuk sementara, belum ada laporan terkait jumlah pengungsi yang ada di wilayah Kecamatan Serasan Timur.

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
08:21
03:43
06:21
13:18
01:24
01:09
Viral