Warga sedang membersihkan material longsor yang menutupi badan jalan Desa Sekundo, Aceh Barat.
Sumber :
  • Tim Tvone/ Chaidir Azhar

Akses Jalan Tertimbun Longsor Satu Desa di Aceh Barat Terisolir

Sabtu, 11 Maret 2023 - 17:25 WIB

Aceh Barat, tvOnenews.com - Desa Sikundo di Kecamatan Pante Ceureumen yang merupakan salah satu desa pelosok di Aceh Barat terisolir karena satu-satunya akses jalan menuju desa itu terputus akibat tertimbun longsor.

“Sekarang warga sedang berupaya membersihkan secara manual, sementara ini belum bisa dilewati, kalau tidak dibersihkan segera warga Sikundo bakal terisolir. Karena longsor saja anak-anak sekolah dan guru tak bisa ke sekolah untuk kegiatan belajar mengajar,” kata Wakil Ketua Pemuda Kecamatan Pante Ceureumen, Tatam Likha, Sabtu (11/3/2023).

Tatam menjelaskan, longsor terjadi setelah wilayah tersebut dilanda hujan lebat selama beberapa hari terakhir dan mengakibatkan bukit yang ada di pinggir jalan menjadi labil. Longsor pun terjadi dan memutus akses.

“Ini tidak bisa dibiarkan terus menerus, pemerintah harus mencari solusi penanganan gunung yang tepat di samping badan jalan, agar kalau longsor terjadi tak langsung menimbun jalan, inikan kasihan anak-anak sama guru tidak bisa bersekolah,” katanya.

Dikatakan Tatam, saat ini warga sedang bahu membahu untuk membersihkan tanah dan pohon yang menimbun badan jalan tersebut secara manual dengan menggunakan peralatan sederhana seperti cangkul dan parang.

Dia berharap, agar pemerintah setempat dapat segera menindak lanjuti dan membangun infrastruktur yang memadai di daerah-daerah pelosok seperti jalan menuju Desa Sikundo ini agar kejadian serupa tidak terjadi lagi.

Meskipun tidak ada korban jiwa akibat longsor dan terputusnya akses jalan menuju Desa Sikundo ini, kata Tatam, aktivitas belajar mengajar di daerah tersebut menjadi terhenti dan warga menjadi terisolir.(kha/wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral