Petugas BPBD saat patroli memantau ketinggian air dan membantu warga evakuasi dari rumah..
Sumber :
  • Tim Tvone/Taufik Hidayat

Intensitas Hujan Tinggi, Banjir Rendam 6 Kelurahan di Binjai

Sabtu, 11 Maret 2023 - 18:47 WIB

Binjai, tvOnenews.com - Intensitas hujan yang tinggi dalam sepekan terakhir membuat tiga aliran sungai yang mengalir di Kota Binjai meluap dan merendam sekitar 817 rumah di enam kelurahan, Sabtu (11/3/2023).

Kepala Pelaksana BPBD Kota Binjai, Iman Siswanto mengatakan, ketiga sungai yang meluap, yaitu Sungai Bingei, Sungai Bangkatan dan Sungai Mencirim. "Ada tiga aliran sungai yang meluap karena intensitas hujan yang tinggi dari malam hingga pagi hari tadi," ucap Kepala pelaksana BPBD Kota Binjai, Iman Siawanto, saat dikonfirmasi tvOnenews.com melalui telpon seluler. 

Iman Siawanto juga menjelaskan bahwa enam kelurahan yang terdampak banjir ini berada di tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Binjai Kota, Kecamatan Binjai Timur dan Kecamatan Binjai Selatan. 

"Dari pendataan yang dilakukan petugas di lapangan hingga sore tadi, di Kecamatan Binjai Selatan terdampak banjir di Kelurahan Rambung Barat dengan jumlah yang terdampak sekitar 120 KK, Kelurahan Binjai Estate dengan jumlah yang terdampak sekitar 30 KK dan di Kelurahan Rambung Timur jumlah rumah yang terdampak sebanyak 117 KK. Sementara di Kecamatan Binjai Kota, terdampak banjir di Kelurahan Setia sebanyak 433 KK dan di Kelurahan Kartini sebanyak 7 KK. Sedangkan di Kecamatan Binjai Timur, terdampak banjir di Kelurahan Mencirim sebanyak 110 KK," jelas Iman Siawanto. 

Lebih lanjut, Iman Siswanto menyampaikan, dari pantauan personel yang sudah disiagakan sejak pagi hingga sore tadi, Tinggi Muka Air Daerah Aliran Sungai (TMA DAS) sudah mengalami penurunan, namun personel masih terus disiagakan jika hujan kembali turun dan debit air sungai kembali naik. 

"Dari kenaikan air hingga saat ini, petugas BPBD Kota Binjai masih terus disiagakan, namun hingga pukul 15.00 WIB tadi ketinggian air sudah menurun," tegas Iman Siswanto. 

Personel BPBD Kota Binjai juga masih terus disiagakan dan terus berkoordinasi dengan kepolisian serta TNI dan kelurahan setempat jika air kembali naik dan merendam pemukiman warga. (tht/wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral