Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Zulkifli Hasan melakukan ekspose dan pemusnahan barang bekas..
Sumber :
  • Tim TvOne/Arifin

Mendag Musnahkan 730 Bal Barang Bekas Impor Senilai Rp 10 Miliar di Riau

Jumat, 17 Maret 2023 - 15:29 WIB

Pekanbaru, tvonenews.com - Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Zulkifli Hasan melakukan ekspose dan pemusnahan barang bekas yang diduga hasil impor di Terminal AKAP Payung Sekaki, Pekanbaru, Jumat (17/3/2023).

Barang bekas yang dimusnahkan tersebut merupakan hasil temuan gudang di Pekanbaru dari aktivitas masuknya barang dari luar negeri atau impor. Adapun temuan di gudang tersebut yakni 730 bal barang bekas impor yang diisi penuh dalam 6 truk pengangkut.

"Nilainya lebih kurang Rp10 miliar. Isinya tas bekas 47 bal, sepatu bekas 571 bal, baju dan kain bekas sebanyak 112 bal," kata Zulkifli Hasan.

"Berdasarkan penjelasan pemilik barang, barang bekas tersebut berasal dari supplier di Batam. Tercantum nama importir yaitu PT Kaskoshi yang berasal dari China," ungkap Mendag

Untuk tindak lanjutnya, barang bekas tersebut akan dimusnahkan sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang melarang impor barang bekas, kecuali memang ada yang dikecualikan atau diperlukan seperti kapal dan pesawat tempur yang sudah ada aturannya. 

"Tapi kalau pakaian jelas itu dilarang karena akan menghancurkan industri kita dan UMKM. Di sana jadi sampah, di sini akan menghancurkan ekonomi kita," ucapnya.

Berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan 40 tahun 2022 dijelaskan bahwa impor bekas tidak diperbolehkan atau dilarang, terkecuali yang sudah diatur sesuai dengan kebutuhan, yang mana belum mampu membuatnya secara cepat. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:10
05:46
01:09
15:57
07:09
02:26
Viral