Kuliner khas Ramadan Lemang Panas Srikaya.
Sumber :
  • Tim tvOne/Sri Gustana

Nikmatnya Kuliner Lemang Panas Selai Srikaya Takjil Khas Kota Medan

Kamis, 23 Maret 2023 - 14:00 WIB

 

Medan, tvOnenews.com - Masyarakat Indonesia umumnya tak asing lagi dengan kuliner Lemang. Lemang adalah panganan yang terbuat dari beras ketan putih yang dimasak dengan cetakan bambu sebagai wadahnya dan dibakar dengan menggunakan kayu bakar dan sering menjadi takjil saat berbuka puasa.

Proses pembuatan lemang ini pun tergolong mudah, dengan berbahan dasar beras ketan putih yang pulen, lalu ditambah rendaman santan kental dari kelapa tua dan diberi taburan sedikit garam, ketan siap dimasukkan ke dalam cetakan bambu yang telah dialasi daun pisang dan siap untuk dibakar.

Harumnya santan yang mendidih dipermukaan bambu, bercampur dengan aromaterapi dari daun pisang, menggugah selera bagi yang berpuasa. 

Pak Lubis, pemilik UD Lomang Panas Jaya yang beralamat di Jalan Flamboyan Raya No. 5 Tanjung Selamat Medan Tuntungan, yang sudah berjualan lemang sejak tahun 2007 ini menjelaskan, dalam sehari 300 batang lemang terjual bahkan mendekati 400 batang saat Ramadhan.

Lemang buatan Pak Lubis ini pun kini di banderol menjadi Rp 35.000,- per batangnya, sudah termasuk 2 piring kecil selai dengan 15 potongan lemang panas yang bisa dinikmati bersama keluarga saat berbuka puasa.

Cara menyantap lemang inipun berbeda-beda tergantung selera, ada yang menyantapnya tanpa tambahan apapun. Bagi yang suka manis, lemang dapat dimakan bersama selai srikaya dan tape ketan hitam, Sedangkan bagi yang menyukai cita rasa asin, lemang dapat disantap bersama daging rendang atau  dengan cocolan bumbu rendang juga tak mengurangi kenikmatan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:04
01:41
01:18
01:54
01:26
01:52
Viral