Psikolog Universitas Lampung (Unila), Diah Utaminingsih, S.Psi, MA..
Sumber :
  • Tim Tvone/ Pujiansyah

Aksi Koboi Perampok Bank di Bandar Lampung, Psikolog Unila: Pelaku Tertekan Atas Permasalahan Hidupnya

Sabtu, 18 Maret 2023 - 13:34 WIB

Bandar Lampung, tvOnenews.com - Psikolog Universitas Lampung (Unila), Diah Utaminingsih, S.Psi, MA., menilai aksi koboi pelaku perampokan di Bank Perkreditan Rakyat Arta Kedaton Makmur, Bandar Lampung, yang datang seorang diri dengan membawa dua sepucuk senjata api rakitan dan air softgun memiliki permasalahan yang berat dalam hidupnya.

"Kalau dilihat dari kejadiannya si pelaku yang berjalan ke dalam bank dengan seorang diri ini memerlukan keberanian yang luar biasa karena tidak ditemani siapapun. Sementara dua rekannya menunggu di luar bank. Artinya, dia di sini sebagai leader (pemimpin). Orang-orang yang seperti ini memiliki keberanian yang luar biasa untuk menanggung risiko," kata Diah Utaminingsih, saat dihubungi tvOnenews.com, Sabtu (18/3/2023).

Ia mengungkapkan seseorang secara psikologi itu dapat melakukan tindakan nekat karena ada tuntutan yang tinggi. Kemudian tuntutan itu membuat dia menjadi under pressure (di bawah tekanan). Ketika dia sangat tertekan, otomatis dia harus menyelesaikan rasa tertekan itu dengan mengambil tindakan.  

Tindakan itu, lanjut Diah, ada yang positif dan ada tindakan yang negatif. Tetapi, bagi orang-orang yang mengalami rasa tertekan berdampak buruk bagi kehidupannya. Dia akan mengambil jalan yang negatif, sekalipun mungkin dia tahu risikonya.

"Tetapi risiko itu pada saat dia melakukan, dia tidak berpikir panjang. Yang penting saya melakukannya, saya berhasil dan masalah saya selesai," ungkapnya.

Menurut Kaprodi Bimbingan Konseling FKIP Unila ini, kalau seseorang yang tidak tertekan dalam suatu tuntutan, dia akan berpikir dua kali untuk melakukan hal yang senekat itu.

"Tetapi ketika dalam kondisi yang sangat terpojok, kemudian dia dituntut harus menyelesaikan permasalahannya dan tidak ada orang yang bisa membantunya. Mungkin saja dia melakukan tindakan senekat itu," ungkapnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:36
06:06
01:05
01:46
02:38
03:57
Viral