Warga saat Berziarah Kubur.
Sumber :
  • Tim TvOne/Taufik Hidayat

Warga Binjai Berbondong-bondong Lakukan Tradisi Ziarah Makam Sambut Puasa Ramadhan

Senin, 20 Maret 2023 - 20:22 WIB

Binjai, tvOnenews.comTradisi ziarah makam ini merupakan tradisi yang sudah turun temurun dilakukan khususnya saat akan memasuki bulan suci Ramadhan. Begitu juga dengan warga Kota Binjai yang sejak pekan lalu sudah ramai-ramai mendatangi pemakaman umum di berbagai lokasi untuk melakukan ziarah ke makam keluarga mereka. 

Secara etimologis, kata ziarah berasal dari bahasa Arab, yaitu ziyarah yang merupakan kata dari isim masdar yang berarti berkunjung, mengunjungi atau mendatangi. Sehingga ziarah ini menjadi tradisi setiap memasuki bulan suci Ramadhan, warga akan selalu menyempatkan diri untuk berkunjung ke makam keluarga mereka. 

Seperti peziarah bernama Bambang dan Mila yang setiap tahunnya mendatangi makam kedua orang tuanya di pemakaman umum Megawati di Jalan Soekarno Hatta, Kota Binjai bersama dengan anak, adik dan keluarga lainnya.

Menurut Mila, ini mereka lakukan setiap tahunnya di saat memasuki bulan puasa Ramadhan. Selain berkunjung, ziarah makam bisa mengingatkan akan datangnya kematian. 

"Setiap tahun kami selalu melakukan ziarah ke makam orang tua dan keluarga kami yang telah meninggal dunia, selain untuk berkunjung dan membersihkan hati menyambut puasa Ramadhan, dengan ziarah ini juga bisa mengingatkan kita akan kematian yang pasti akan kita jalani," ucap Mila saat ditemui tvOnenews.com di lokasi pemakaman, Minggu (19/3/2023) sore. 

Sementara itu, pada masa awal Islam, Rasulullah SAW melarang umat Islam untuk melaksanakan ziarah kubur. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga akidah umat Islam di mana pada saat itu Rasulullah SAW merasa khawatir jika ziarah kubur diperbolehkan, maka umat Islam yang masih lemah akidahnya akan percaya dan menjadi penyembah kuburan. 

Setelah akidah umat Islam kuat dan tidak ada kekhawatiran untuk berbuat syirik, maka Rasululah SAW membolehkan para sahabatnya untuk berziarah kubur, karena ziarah kubur itu akan membantu orang yang hidup untuk selalu mengingat pada kematian dan memotivasi untuk bersemangat dalam beribadah.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:30
01:07
03:27
01:35
03:20
01:47
Viral