abupaten Solok Dihantam Galodo, Belasan Rumah Rusak.
Sumber :
  • Tim TvOne/ Yudi

Nagari Surian Kabupaten Solok Dihantam Galodo, Belasan Rumah Rusak, Begini Kejadiannya

Rabu, 22 Maret 2023 - 08:18 WIB

Solok, tvOnenews.com – Banjir bandang atau galodo hantam Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Selasa (21/3/2023). Hingga petang ini, data awal sementara, terdapat belasan rumah rusak berat, ringan dan sedang akibat banjir yang datang disertai material lumpur dan kayu.
 
“Galodo (banjir bandang) terjadi pukul 15.30 WIB sore tadi setelah hujan turun lebat,” ujar Surya Hadi Putra, dari Tagana Kabupaten Solok yang sedang membantu  evakuasi warga saat datangnya galodo.
 
Akibat banjir bandang tersebut lokasi terparah terdapat di Jorong Ladang Padi dan Jorong Dalam Koto, Nagari Surian, Kecamatan Pantai Cermin. Di lokasi ini terdapat belasan rumah yang mengalam rusak berat, sedang dan ringan. Selain itu, materi banjir bandang juga menimbun lahan pertanian.
 
 “Tak hanya rumah juga terdapat harta benda yang hanyut seperti sejumlah motor. Ditambah dengan tiang listrik yang roboh yang mengakibatkan listrik padam. Selain itu, batu besar dan gelondongan kayu juga memenuhi bahu jalan,” tambah Surya Hadi.
 
Galodo datang melewati Sungai Batang Limau Hantu yang juga mengakibatkan dua unit jembatan di kampong tersebut roboh dan putus total. Beruntung hingga evakuasi dilakukan saat ini tidak ada korban jiwa yang terdata dalam galodo tersebut.
  
“Saat ini warga korban galodo membutuhkan tenda dan makanan siap saji untuk malam ini, sementara bagi beberapa rumah yang penghuninya mengungsi kita ungsikan ke rumah-rumah saudara mereka yang terdekat dan aman dari lokasi kejadian galodo ini,” tutup Surya Hadi Putra, Tagana Kabupaten Solok. (WAS/LNO)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral