Pedagang sedang momotong daging di Pasar Bina Usaha Meulaboh.
Sumber :
  • Tim Tvone/ Chaidir Azhar

Harga Daging Meugang di Aceh Barat Capai Rp200 Ribu Per Kilogram

Rabu, 22 Maret 2023 - 12:19 WIB

Aceh Barat, tvOnenews.com - Harga jual daging hewan ternak di Pasar Bina Usaha (PBU) Meulaboh, Aceh Barat, naik pada puncak perayaan tradisi Meugang menyambut Ramadhan 1444 H. Meningkatnya peminat menjadi pemicu utama kenaikan harga jual daging kerbau di daerah tersebut.

Pedagang daging, Ahmad Fahri (45) mengatakan, jika pembeli semakin meningkat dalam satu hari ini, secara beransur harga daging juga akan naik. Jika dibandingkan dengan harga kemarin yang hanya berkisar Rp170 ribu per kilogram sampai Rp180 ribu saja.

“Kalau hari ini harga daging Rp190 ribu per kilogram sampai Rp200 ribu, ini harga naik karena pembeli banyak, kalau kemarin masih murah, kemarinnya lagi hanya Rp160 ribu, harga ini akan normal kembali jika sudah usai Meugang," kata Fahri, Rabu (22/3/2023).

Dikatakannya, dalam satu hari setiap pedagang menghabiskan dua ekor kerbau untuk dijual di PBU Meulaboh, mayoritas di Aceh Barat masyarakat lebih menyukai daging kerbau daripada daging sapi atau ternak lainnya.

Harga yang menyentuh Rp200 ribu per kilogram ini, tak hanya di Pasar PBU Meulaboh saja, namun di beberapa lapak pedagang daging Meugang lainnya di Aceh Barat juga dijual dalam harga serupa. Sehingga tidak ditemukan ketimpangan harga atau pedagang nakal yang mencoba memonopoli harga jual.

"Saya pikir di Aceh Barat dan sekitarnya harga daging hari ini sama, ini karena memang permintaan pasar yang membuat harga naik. Kalau pembeli tidak kurang, karena secara otomatis mereka sudah menyiapkan dana untuk perayaan tradisi Meugang Aceh," sebutnya.

Untuk harga daging hewan ternak baik kerbau atau sapi dijual dengan harga yang sama, berkisar Rp190 ribu hingga Rp200 ribu per kilogram. Sementara untuk harga tulang berkisar pada Rp70 ribu hingga Rp80 ribu per kilogram. (kha/wna)

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral