Pelatihan membuat sabun dari kopi.
Sumber :
  • Tim Tvone/ Pujiansyah

UKM Sahabat Sandi Lampung Ajarkan Emak-emak Membuat Sabun dari Limbah Kopi

Kamis, 23 Maret 2023 - 23:17 WIB

Bandar Lampung, tvOnenews.com - Di bulan Ramadhan, umat Islam tidak hanya sekadar puasa menahan makan dan minum, tetapi juga berlatih berwirausaha untuk kesejahteraan ekonomi.

Pelatihan pembuatan sabun kopi ini dilakukan oleh UKM Sahabat Sandi Lampung di Tries Cafe & Resto, Bandar Lampung. Kegiatan ini melibatkan para emak-emak hingga milenial dengan tujuan memberikan peluang untuk masyarakat dalam menciptakan 4,4 juta lapangan pekerjaan seperti yang dikatakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf), Sandiaga Uno.

"Kita adakan pelatihan supaya mereka dapat ilmu yang bermanfaat. Dilain itu bermanfaat juga untuk emak-emak yang belum punya usaha di sini kita rangkul," kata Fitdyatini, Ketua UKM Sahabat Sandi Lampung, Kamis (23/3/2023).

Fitdyatini mengungkapkan pelatihan ini untuk memberi peluang ke emak-emak dan milenial dalam menciptakan lapangan kerja. "Pelatihan ini sesuai dengan program Pak Sandi yang membuka 4,4 juta lapangan pekerjaan. Programnya juga tepat sasaran langsung ke masyarakat dan UMKM," ungkap Fitdyatini.

Selain pelatihan, UKM Sahabat Sandi Lampung juga menyediakan fasilitas perizinan usaha. Sebab, masih banyak UMKM yang belum memiliki izin usaha dan memiliki kendala dalam melakukan perizinan usahanya.

"Selain pelatihan, kami juga memberikan perizinan pada mereka yang belum punya izin usaha, jadi kami di sini berikan gratis untuk yang belum punya," tutur Fitdyatini.

Sementara itu, salah satu peserta, Puji Astuti menceritakan, pelatihan ini sangat bermanfaat karena memberikan ilmu yang jarang diketahui orang banyak.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral