Pasar Bedug atau Pasar Ramadhan di Jalan Dr Susilo, Bandar Lampung.
Sumber :
  • Tim Tvone/ Pujiansyah

BBPOM Bandar Lampung Akan Lakukan Pengawasan Takjil di Bulan Ramadhan

Jumat, 24 Maret 2023 - 16:42 WIB

Bandar Lampung, tvOnenews.com - Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Bandar Lampung akan melakukan pengawasan pangan dan takjil selama bulan suci Ramadhan.

Plt Kepala BBPOM di Bandar Lampung, Zamroni mengatakan, pelaksanaan uji pengawasan takjil hari pertama dilakukan di dua tempat yakni di Jalan Dr Susilo, Bandar Lampung dan di Natar, Lampung Selatan. "Pengawasan ini agar pangan dan takjil bebas dari campuran bahan kimia seperti rhodamin b, methanyl yellow, boraks, dan formalin," kata Zamroni, Jumat (24/3/2023).

Untuk pengawasan nanti, lanjut Zamroni, pihaknya menyediakan laboratorium bergerak untuk uji sampel makanan dijalankan pedagang kepada masyarakat. "Jadi kami minta pedagang jaga konsistensi ini agar makanannya aman untuk dikonsumsi," tuturnya.

Ia mengungkapkan, kegiatan itu dilakukan secara berkala untuk memastikan semua pangan dijual aman dari bahan-bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan bila dikonsumsi. "Jangan karena hanya meraup untung, justru kehigienisan pangan dikorbankan. Untuk keamanan pangan, kami melakukan uji sampel secara berkala," ungkapnya.

Dia menambahkan, apabila ditemukan bahan-bahan yang disinyalir berbahaya, maka pihaknya akan melakukan pembinaan terhadap pedagang yang ketahuan. "Akan dilakukan pengamanan pangannya, selanjutnya dilakukan pembinaan dan edukasi kepada pedagang," tandasnya. (puj/wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral